Peluang Jadi Mitra Waralaba Makanan Ringan Yang Sukses

Saat ini, kami ingin berbagi informasi bisnis makanan ringan modal kecil buat pembaca yang mencari peluang usaha makanan. Di Indonesia, ada banyak peluang usaha makanan yang sedang trend namun jika tak pandai memilih usaha waralaba yang tepat maka sudah pasti sulit modal bisnis Anda akan balik. Semoga info usaha rumahan ini dapat memberikan keuntungan buat pembaca sekalian.

Informasi Franchise (Waralaba) Kuliner Ayam Goreng Merek Yobana Fried Chicken

bisnis makanan ringan modal kecil Yobana Fried Chicken
Gerobak Kaki Lima Yobana Fried Chicken

Usaha kecil franchise ayam goreng tepung yang lebih populer disebut fried chicken memang tidak ada matinya. Pasalnya hampir semua masyarakat dari segala lapisan menyukai makanan khas dari benua Amerika tersebut. Peluang bisnis makanan itu ditangkap oleh Risman Bujang dengan memulai buka usaha dengan modal kecil dan menguntungkan bernama Yobana Fried Chicken sejak th 2008. Dengan berfokus pada lapisan mayarakat kelas menengah ke bawah, bisnis makanan modal kecil itu berkembang menjadi usaha kecil yg sukses karena telah berhasil membuka 120 outlet dengan sistem mitra bisnis waralaba.

Cara usaha kuliner dengan menu ayam goreng tepung sangat mudah dijumpai di banyak lokasi mulai dari kelas resto bintang lima sampai gerobak kaki lima. Bahkan pelaku usaha kecil kuliner fried chicken dengan jenis kaki lima jumlahnya lebih banyak daripada usaha makanan dengan jenis resto.
Risman Bujang adalah salah seorang pelaku usaha makanan terlaris yang memilih sasaran pasar dengan kelas menengah ke bawah sejak Agustus 2008. Bukan tanpa sebab, pria yang akrab dipanggil Risman ini memilih pasar menengah bawah, karena di tahun 2008 saat memulai usaha makanan murah berupa ayam goreng, dia menghadapi kondisi daya beli masyarakat yang menurun.

Saat pertama kali bikin usaha dengan modal kecil ini, Risman harus mengeluarkan investasi usaha sebesar 15 juta yang dipakai untuk sewa tempat, membuat gerobak, membeli peralatan memasak dan bahan baku. Saat itu dia juga melakukan uji coba resep dan tes makanan selama 2 bulan untuk memperoleh rasa yang disukai semua orang.

Dengan pemilihan lokasi usaha kuliner yang menguntungkan di daerah padat penduduk, hasilnya adalah usaha makanan modal kecil miliknya langsung mendapat jumlah pelanggan lumayan banyak dari masyarakat sejak pertama kali membuka usaha kecil itu. Banyaknya permintaan untuk menjadi mitra bisnis waralaba dan keinginan untuk membantu orang lain, lalu mendorong Risman untuk membuka peluang kerjasama bisnis dengan sistem kemitraan pada Pebruari 2009. Saat ini, Yobana Fried Chicken telah memiliki 15 cabang milik sendiri dan 150 mitra bisnis yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang dan Cikarang.

Kiat Sukses Menjalankan dan Mengembangkan Usaha Kuliner Ayam Goreng


Menurut Risman, umumnya pelaku usaha kecil kuliner fried chicken menawarkan rasa spicy, Yobana Fried Chicken justru menjual rasa gurih meresap hingga ke dalam daging. Dia mengaku sengaja memilih rasa gurih karena sasaran pasar dari usaha kuliner modal kecil miliknya adalah anak-anak yang gemar dengan makanan gurih.

Harga yang ditawarkan usaha franchise makanan itu sangat terjangkau dan mengikuti daya beli masyarakat pada umumnya. Untuk paha bawah dan sayap ditawarkan dengan harga Rp. 6.500 per potong, sedangkan paha atas dan dada dijual dengan harga Rp. 8.500 per potong dan untuk nasinya dijual Rp. 4.000 per porsi. Selain harga yang terjangkau, ukuran potongan dagingnya juga lebih besar daripada macam usaha waralaba lainnya.

Jika awalnya, Risman memakai konsep gerobak kaki lima, maka sejak Pebruari 2016 lalu, Yobana Fried Chicken naik kelas dengan membuka outlet mini café. Menurutnya, konsep mini café dapat meningkatkan omzet usaha waralaba karena juga menjual aneka macam minuman dengan harga antara 3 – 6 ribu rupiah per gelas. Meski memakai konsep mini café, namun soal harga jual waralaba makanan ini sama dengan harga gerobak kaki lima.

Dalam sehari, Risman harus menyiapkan sekitar 400 – 800 ekor ayam buat kebutuhan gerai miliknya dan para mitra bisnis waralabanya. Maka tak heran jika dalam sehari usaha kecil tapi untung besar miliknya mampu menjual minimal 20 ekor ayam atau setara dengan 180 potong daging ayam dalam sehari dan mengantongi hasil penjualan sekitar 1,4 juta per hari dengan keuntungan usaha berkisar antara 25-30 persen atau sekitar 350 – 420 ribu sehari.

Peluang Mendapatkan Uang Lewat Kerjasama Saling Menguntungkan Dalam Usaha Ini


Ada 2 paket investasi murah yang ditawarkan Yobana Fried Chicken yaitu:

  • Paket Gerobak sebesar 13,5 juta dengan kelengkapan antara lain mendapatkan gerobak, kompor gas + regulator, tabung gas 3 kg, wajan, sodet, jepitan, nampan plastik, nampan aluminium, baskom, seragam karyawan dan bahan baku awal sebanyak 10 ekor ayam.
  • Paket Mini Café dengan investasi usaha sebesar 40 – 70 juta dengan kelengkapan peralatan sama seperti paket gerobak kaki lima. Perbedaannya terletak pada model gerobak lebih eksklusif, kompor deep fryer dan meja kursi tapi belum termasuk sewa tempat.

Tidak seperti usaha kecil mandiri lain, Yobana Fried Chicken tidak mengenakan beban royalty fee kepada mitra. Namun, untuk menjaga kualitas rasa maka setiap mitra bisnis tetap diwajibkan membeli semua bahan bahan baku di Pewaralaba seperti ayam marinasi seharga 36 – 38 ribu per potong isi 9 potong, tepung bumbu 15 ribu per kilo untuk 3 akor ayam, kemasan box dan kemasan karton.

Tentang masalah balik modal dari bisnis waralaba modal kecil ini, Risman mengatakan bahwa dalam waktu minimal 6 – 12 bulan para mitra akan bisa balik modal. Hal itu bisa terjadi jika pemilihan lokasinya tepat. Lokasi paling strategis adalah perkampungan padat penduduk, perumahan, pinggir jalan kecil, sekitar rumah kontrakan atau daerah kos-kosan.

Jika tertarik dengan bisnis makanan ringan modal kecil ini, maka silahkan hubungi Yobana Fried Chicken, Grand Residence Cluster – Prapanca BD 13/8 Setu, 0818 0635 7470 Kab. Bekasi, situs yobanafriedchicken.weebly.com.