Cara Mengatasi Rasa Takut Memulai Usaha Baru - Tips Buat Para Pemula

"Kegagalan adalah Guru Terbaik"


Ungkapan di atas pasti sudah sering kita dengar, namun tidak semua orang pernah merasakan betapa berharganya arti sebuah kegagalan. Mereka tidak pernah merasakan karena tidak pernah mencoba atau takut mencoba sesuatu hal baru. Kegagalan hanya terjadi pada orang yang berani berbuat dan mengambil resiko.

Cara Mengatasi Rasa Takut Memulai Usaha Baru


Jika ingin maju dan memiliki kehidupan lebih baik, maka pantaslah seseorang untuk mengesampingkan perasaan takut gagal. Karena ketakutan itu menjadi hambatan terbesar yang harus di delete dari pikiran demi mencapai impian kejayaan.

Mulailah Berpikir Logis dan Jangan "Terpenjara" Dengan Perasaan Takut Gagal


Perasaan ketakutan adalah kendala terbesar yang sering menghantui pemula untuk memulai bisnis online rumahan. Tak sedikit dari mereka takut memulai karena tidak punya keahlian atau belum berpengalaman dalam bidang usaha baru yang ingin dijalankan. Padahal sebenarnya, keahlian atau pengalaman akan terbangun dengan sendirinya jika mereka berani memulai.

Jadi, jika terus terpenjara oleh rasa takut, maka kapan bisa menjadi ahli. Padahal banyak peluang bisnis online tanpa modal yang besar bisa cocok dikerjakan untuk kerja dari rumah online.

Banyak contoh pelaku usaha yang sebelumnya tidak pernah tahu seberapa bagus prospek sebuah peluang bisnis baru. Mereka juga bukan ahli dalam bidang itu atau malah tidak memiliki latar belakang pendidikan formal atas usaha tersebut. Namun, karena tekad dan keyakinan yang kuat bahwa ide bisnis online di internet itu bisa dan mudah untuk dipelajari, maka mereka berani memutuskan untuk memulainya.

Baca: Contoh Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil atau Pelajar Berhasil Dengan Bisnis Online Shop

Bila telah memutuskan untuk memulai belajar bisnis online bagi pemula, maka harus siap dengan berbagai rintangan dan hambatan yang pasti akan muncul di depan mata. Bisa dipastikan bahwa usaha dengan modal kecil itu tidak akan berjalan bagus dan lancar, terutama di saat memulainya.

Berani Mengambil Resiko Dengan Perhitungan Yang Tepat


Setiap pemula yang berani mengambil resiko pasti pernah merasakan “nikmatnya” kegagalan dan ketidaksuksesan. Akan tetapi, dari bermacam gagal dan tidak sukses tersebut, maka mereka bisa belajar untuk memperbaiki diri agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tak jarang, pengusaha sukses pernah mengalami gagal dalam menjalankan bermacam usaha dengan modal kecil mereka, bukan hanya sekali bahkan berulang kali.

Kegagalan itu banyak sebabnya, bukan hanya soal kemampuan diri yang kurang saat mengelola keuangan usaha atau tidak bisa memasarkan produk usaha saja, tapi persaingan usaha dengan pelaku lain bisa menjadi faktor penyebab kegagalan. Tetapi, penyebab-penyebab itu jangan dijadikan alasan untuk takut dan menyerah.Yakinlah, bahwa Anda memiliki kemampuan dan jadikan kompetitor sebagai pendorong supaya kita lebih kreatif membuat produk lebih baik dan berkualitas daripada milik pesaing.

Dari semua jenis kegagalan itu, Anda dapat terus belajar untuk memperbaiki kemampuan agar tidak gagal lagi dengan penyebab yang sama. Semakin banyak gagal, maka itu adalah pengalaman berharga yang tidak semua orang mengalaminya dan ini adalah sebuah keuntungan buat Anda agar bisa menjadi lebih baik di masa depan.

Pengalaman adalah guru terbaik di setiap jenis usaha yang modalnya kecil maupun besar. Pengalaman akan amat penting dalam membentuk Anda menjadi pengusaha tangguh. Belajar dari kegagalan yang kita alami atau dari kegagalan orang lain adalah momen terbaik untuk menambah keahlian kita secara otodidak (belajar mengalami sendiri).

Akhir kata, jadilah ahli dan raihlah kesuksesan dengan belajar dari kegagalan. Jangan takut, ragu-ragu dan kuatir untuk memulai. Berani memulai sama artinya dengan kita siap menjadi seorang ahli dan siap mendapatkan sukses dari setiap peluang bisnis online yang ditekuni.