Cara Memulai Usaha Makanan Untuk Pemula Buat Kerja Sampingan

Tips Menghasilkan Uang dari Usaha Kuliner Buat Pemula


Peluang usaha bisnis kuliner sangat menarik bagi pemula yang ingin menghasilkan uang dengan cara membeli lisensi waralaba. Sebagai salah satu kebutuhan pokok maka usaha kuliner akan selalu dibutuhkan sampai kapanpun, tidak terkecuali seperti misalnya dengan usaha ayam goreng (fried chicken).

cara bisnis makanan buat kerja sampingan di rumah

Buat ibu rumah tangga yang ingin mengetahui kiat sukses usaha kuliner atau karyawan yang mencari peluang usaha sampingan dengan modal kecil dengan jualan makanan, maka saat ini kami akan memberikan informasi seputar cara bisnis makanan. Ulasan ini akan sangat berguna buat Anda seorang pemula yang belum pernah bikin usaha modal kecil atau belum berpengalaman mencari uang dengan menjalankan usaha kecil sendiri.

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Dagang Makanan Adalah Kualitas Produk, Harga Jual dan Tingkat Persaingan


Untuk sebagian besar masyarakat, kualitas rasa adalah nomer satu sedangkan harga nomer dua. Maka jangan sampai terpancing untuk melakukan “perang harga” dengan mengorbankan kualitas rasa demi menyesuaikan harga pokok produksi. Menjual produk makanan dengan harga murah dengan niat untuk menarik minat konsumen tapi tidak didukung dengan rasa (misalnya fried chicken) yang enak, maka tentu hal ini akan mengakibatkan modal usaha kecil Anda habis karena tidak ada penjualan.

Oleh sebab itu, perlu sebuah cara atau strategi untuk memenangkan persaingan dalam menjalankan usaha kecil kuliner makanan seperti fried chicken (ayam goreng) yang memiliki tingkat persaingan sangat ketat. Memakai bahan baku ayam organik sehingga lebih sehat adalah salah satu cara meningkatkan mutu produk makanan yang dijual sekaligus juga meningkatkan daya saing di pasaran.

Memang ada kemungkinan, banyak orang masih mempertimbangkan soal harga saat akan membeli makanan. Tapi tak sedikit pula orang yang tidak mempertimbangkan harga makanan yang akan dibelinya, mereka lebih mementingkan rasa dan kualitas bahan baku ayam yang dijual.

Penentuan Lokasi Strategis Sangat Mempengaruhi Tingkat Keberhasilan


Menentukan lokasi yang strategis saat membuka usaha sendiri dengan modal kecil sangat mempengaruhi keberhasilan usaha makanan. Lokasi adalah hal mutlak dan penting sekali. Anda harus jeli melihat peluang sukses jual makanan dengan memperkirakan apakah sebuah lokasi sangat menguntungkan jika Anda berjualan di daerah atau lokasi tersebut. Kesalahan saat menentukan lokasi memperbesar peluang kegagaalan dan ini tentu saja tidak bagus bagi bisnis makanan modal kecil Anda.

Banyak lokasi strategis untuk berjualan makanan, misalnya saja dekat sekolahan, dekat kampus, daerah wisata, pinggir jalan atau di area pusat perbelanjaan dansebagainya. Bikin perhitungan yang benar saat memilih sebuah lokasi karena umumnya tidak ada yang gratis jika menempati sebuah tempat sebagai lokasi untuk menggelar usaha makanan modal kecil, apalagi lokasi di daerah perkotaan. Artinya, perhitungkan dengan matang biaya sewa tempat dengan peluang mendapatkan keuntungan dari omzet penjualan produk makanan yang dijual.

Jangan Lupa Mempromosikan Produk Karena Akan Membantu Mendatangkan Pelanggan Baru


Ada bermacam cara untuk mempromosikan peluang usaha makanan ayam goreng (friend chicken), misalnya promosi dari mulut ke mulut. Promosi dengan jenis ini adalah paling murah dibandingkan jenis promosi iklan di media massa. Cara melakukan promosi dari mulut ke mulut dapat dilakukan dengan cara memberikan tester makanan yang hendak dijual seperti teman, tetangga atau dalam satu acara tertentu. Jika rasanya enak, maka mereka akan memberikan rekomendasi atau menyarankan orang lain untuk membeli produk usaha makanan modal kecil Anda.

Promosi juga bisa dilakukan dengan memberikan diskon atau potongan harga untuk setiap pembelian dalam jumlah tertentu. Jenis pemasaran seperti ini tentu akan sangat menarik buat pelanggan Anda, karena siapa yang tidak suka dengan harga yang lebih murah? Promo harga diskon ini bisa dilakukan di hari-hari tertentu atau jika ada pelanggan yang ulang tahun akan mendapat harga khusus adalah salah satu cara melakukan promosi.

Jangan Berhenti Berkreasi Tapi Ciptakan Produk Inovatif Untuk Memenuhi Selera Pasar


Untuk memperbesar keuntungan usaha makanan, maka Anda harus dapat membuat kreasi produk makanan baru sehingga itu akan memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan. Cara seperti ini sangat bagus, mengingat semakin ketatnya persaingan usaha di bisnis makanan modal kecil ini. Dengan menambah jenis menu yang dijual, tentu akan berpotensi untuk menaikkan omzet penjualan usaha kuliner yang menguntungkan ini.

Jangan Pernah Berhenti Mengembangkan Usaha Agar Menjadi Semakin Bertambah Besar


Jika sebuah peluang usaha bisnis rumahan dengan modal kecil sudah berjalan dengan stabil selama beberapa tahun dan ingin meningkatkan laba secara cepat dan konsiten, maka Anda dapat mencoba mengembangkan bisnis kecil itu memakai cara waralaba. Yang perlu disiapkan saat akan mewaralabakan usaha makanan adalah mematenkan merek bisnis usaha sehingga memiliki lisensi khusus dari DitJen HAKI (Hak Kekayaan Intelektual), ini adalah langkah awal yang paling penting. Dengan memiliki hak paten tersebut maka Anda akan lebih tenang menjalankan sistem kemitraan, tidak takut merek Anda “dibajak” orang dan calon mitra lebih percaya karena Anda menawarkan ide memulai usaha dengan modal kecil secara profesional. Semoga tulisan tentang cara bisnis makanan buat pemula ini berguna untuk pembaca.