Satu-satunya Bisnis Terbaik di Internet Buat Saya Tanpa Modal Yang Besar

Memanfaatkan waktu luang saat berada di rumah sepulang dari kantor atau tempat kerja lainnya dengan membangun bisnis online memang sangatlah bagus. Malah, saat ini banyak sekali orang berusaha mencari bisnis online yang menguntungkan untuk mengisi waktu luang mereka. Namun, orang pada bingung mau menekuni jenis bisnis online apa di rumah?

Alasannya bermacam-macam kenapa mereka bisa pada kebingungan menentukan bisnis online terbaik yang cocok buat dilakukan di rumah. Dan salah satu alasan itu amat klasik yaitu TAK PUNYA MODAL BESAR.

Jika Anda termasuk salah seorang pemula yang tidak memiliki modal besar untuk memulai kerja dari rumah, maka berikut ini adalah cara belajar bisnis online bagi pemula yang bagus. Apa jenis bisnis online modal sedikit yang terbaik itu? Yuk, dibaca terus sampai selesai, ya.

Cara Berbisnis Melalui Internet


1. Modal uang adalah penting tapi bukanlah “tuhan” dalam bisnis di internet. Maksudnya ialah tak ada satu bisnis pun di internet yang tanpa modal, sekecil apapun uang yang harus Anda keluarkan, seperti misalnya untuk membeli paket data internet termasuk dalam kategori modal. Syukur-syukur kalau di kantor, Anda bisa internetan gratis, Anda bisa “curi-curi” waktu di jam kantor untuk belajar bagaimana menghasilkan uang di internet, tapi cara seperti ini terbukti kurang efektif untuk mendapatkan pasif income yang bisa rutin diterima tiap bulan. Celakanya, siapapun dapat ketahuan saat mencari penghasilan di internet oleh bos mereka karena tak serius mengerjakan pekerjaan kantor. Jadi sebaiknya, jika mau serius memulai bisnis online, maka uang 100 ribu harus ada tiap bulan buat modal beli pulsa internetan di rumah.

2. Laptop atau komputer juga termasuk modal utama untuk membangun bisnis online Anda. Ini termasuk perangkat utama yang wajib dimiliki saat mau mulai mencari penghasilan di internet. Persiapan uang untuk membeli perangkat ini sekitar 2,5 juta (minimal), itupun mungkin dapat komputer bekas dengan memori kecil, artinya loadingnya lama banget! Tapi tak apalah, yang penting buat internetan lancar jaya, jadi mesti sabar menghadapi perangkat semacam itu.

3. Kemauan adalah modal utama Anda! Uang buat membeli paket data atau untuk membeli komputer bekas bukanlah masalah besar untuk Anda yang memiliki kemauan besar supaya bisa menghasilkan uang dari internet! Entah bagaimana cara Anda mengatasi kebutuhan uang buat membeli paket data setiap bulan atau membeli komputer bekas buat modal kerja sampingan di internet itu, tapi percayalah bahwa meskipun seseorang memiliki modal uang cukup besar dan punya fasilitas lengkap, belum tentu juga bisa dengan mudah menghasilkan uang dari internet! Sebabnya apa, kok bisa demikian? Jawabannya ialah kesuksesan tidak bergantung pada kekuatan modal uang yang kita miliki tapi bergantung pada seberapa kuat kemauan Anda untuk meraih sukses tersebut. Dan hal itu berlaku bukan saja saat menjalankan bisnis di internet tapi juga berlaku untuk semua bisnis yang ada di dunia ini. Anda boleh percaya atau tidak dengan pernyataan ini, tapi memang itulah kenyataannya!


Jika mungkin saat ini Anda belum punya cukup uang buat membeli komputer, maka satu-satunya cara agar bisa memulai kerja sampingan dengan belajar bisnis online adalah memanfaatkan warnet yang dekat dengan rumah. Warnet adalah solusi atau jalan keluar paling tepat untuk mengatasi masalah modal uang dan relatif bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Jadi, sekarang Anda sudah tahu bahwa perlu modal untuk memulai usaha sampingan di internet dan lupakan slogan bisnis internet gratis!

Saya Lebih Memilih Blogging Sebagai Pilihan Terbaik

Sebenarnya ada bermacam pilihan atau jenis bisnis online yang bisa Anda pelajari dan tekuni seperti misalnya jualan baju atau produk lain secara online, bisnis afiliasi, menjadi reseller, jualan jasa penulis artikel, membuat aplikasi game android, blogging dan sebagainya. Dari sekian macam pilihan kerja sampingan itu, saya cenderung lebih pas jika memulai dan menekuni dunia blogging. Apa dan bagaimana cara memulai blogging yang terbaik serta cara menghasilkan uang dari blog kita? Saya akan menjelaskannya menurut pengalaman sendiri selama ini.

- Memiliki sebuah blog adalah syarat utamanya, dimana bisa dimulai dengan blog gratis seperti tumblr.com, wordpress.com, jimdo.com, blogspot.com dan sebagainya. Awalnya dulu (dan sampai sekarang), saya lebih memilih nge-blog memakai blogspot karena lebih mudah penggunaannya bahkan oleh seorang pemula sekalipun. Yang diperlukan untuk membuat blog di blogspot adalah harus memiliki akun gmail.

- Belajar menulis atau membuat artikel untuk diisikan (posting) ke blog kita adalah hal berikutnya yang harus dilakukan ketika Anda memiliki sebuah blog. Kesulitan utama para pemula adalah mereka susah menulis atau bikin artikel sehingga tidak bisa menekuni bisnis blogging untuk sampingan mereka, padahal sebenarnya bikin artikel itu SANGAT MUDAH sekali! Pingin tahu caranya? Pertama, buatlah blog yang sesuai dengan minat atau keahlian kita, contoh jika Anda suka memasak maka apa salahnya memilih topik resep masakan tradisional se Indonesia, sehingga Anda tidak kesulitan untuk membuat artikel tentang segala macam resep masakan tradisional yang bisa diposting di blog Anda. Atau Anda bisa menuliskan resep masakan dari buku-buku dengan memakai susunan bahasa sendiri sehingga terlihat unik dan menarik. Yang penting, sesuaikan kegiatan sampingan blogging itu dengan hobi atau minat atau keahlian Anda. Kedua, untuk mempromosikan blog Anda agar dikunjungi orang, maka sering-seringlah berkomentar di blog lain dengan meninggalkan link yang menghubungkan ke blog Anda. Atau jika ingin cara lain untuk mendatangkan pengunjung ke blog bisa dilakukan dengan cara belajar SEO (search engine optimization), cara ini lebih ampuh dan tahan lama untuk mendatangkan banyak pengunjung namun membutuhkan teknik-teknik khusus pula untuk mempelajari SEO yang benar. Ketiga, seorang pemula harus ekstra sabar ketika memutuskan blogging sebagai bisnis di internet sebab tanpa kesabaran dan ketekunan maka mustahil usaha sampingan itu menghasilkan uang dari blog. Jika Anda berhasil menghasilkan uang secara kontinyu setelah 1 tahun memulai kerja blogging, maka itu adalah sebuah prestasi luar biasa karena saya sendiri baru sekitar 3 tahun berhasil mendapatkan uang di internet lewat blog saya ini.

- Apa keuntungan memiliki sebuah blog atau bagaimana cara menghasilkan uang dari sebuah blog? Bisnis iklan seperti Google Adsense atau membuka peluang pemasangan iklan di blog yang memiliki pengunjung rutin cukup besar setiap hari adalah sumber pemasukan utama dari usaha blogging. Bisa juga dari bisnis afiliasi tentang peluang kerja sampingan lain dipasang di blog milik kita adalah juga sumber potensial pemasukan uang pasif. Atau bahkan, jika Anda sudah jago maka bisa membuka kursus sendiri untuk pemula tentang bagaimana cara mencari uang di internet, misalnya. Intinya, buktikan dulu bahwa Anda mampu mendatangkan pengunjung setiap hari dengan jumlah besar. Nanti Anda akan tahu cara mengembangkan bisnis online dengan sendirinya dan membangun bisnis online lebih lanjut agar menghasilkan uang dari pengunjung tersebut.

Akhir kata, semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran dan ide buat pemula yang mau mencoba memulai bisnis di internet tanpa modal yang besar buat sampingan dari rumah. Uang bukanlah modal utama karena uang bisa dicari, tapi ingatlah selalu bahwa kemauan, kesabaran dan kerja keras merupakan kunci sukses bisnis paling menguntungkan dengan modal kecil. Kunci sukses online bisnis, apapun bentuknya, adalah tergantung pada kemauan diri sendiri. Selamat mencoba!