Peluang Usaha Rumahan Modal 3 Juta Balik Modal 3 Bulan

Peluang usaha yang menguntungkan dengan modal kecil ini berawal dari kesukaan menyantap makanan dan minuman berbahan cokelat, tampaknya menjadi langkah awal Dede Sulaiman untuk mencari dengan menekuni bisnis kuliner berbahan cokelat. Dede membuat keputusan memulai berbisnis rumahan dengan modal 3 juta sejak Oktober tahun 2011.

Untuk memulai jenis usaha rumahan dengan modal kecil untung besar itu, Dede harus menyiapkan modal sebesar 1,7 juta yg dipakai untuk membeli peralatan dan bahan baku. Dede tak pernah menduga bahwa peluang mendapatkan uang dari usaha tersebut mendapatkan sambutan baik dari masyarakat.

Setelah 6 bulan menekuni pekerjaan di rumah tanpa modal yang besar itu, dia lalu menyusun konsep agar peluang bisnis minuman cokelatnya bisa dikembangkan dengan cara membuka sistem kemitraan. Kemudian dia mengurus berbagai macam perizinan terkait bisnis antara lain mendaftarkan merek bisnis ChocoRich ke Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI), membuat badan hukum berbentuk CV hingga urusan izin ke Dinkes (Dinas Kesehatan).

Saat ini, peluang bisnis dengan modal kecil untung besar Choco Rich sudah mempunyai gerai mitra yang tersebar di berbagai kota besar seperti Cirebon, Tegal, Subang dan Tangerang Selatan. Menurut Dede, hasil usaha kreatif dengan modal kecil yang diperoleh dengan mewaralabakan usaha minuman cokelatnya ini, ia bisa mencapai untung sebesar 20% dari hasil pembelian bahan baku setiap bulan yang dibayarkan oleh mitra. Dede mengatakan bahwa dia tidak mengambil untung besar dari investasi para mitra bisnis waralaba sebab semuanya itu nanti akan kembali ke mitra dalam bentuk dukungan manajemen dan pengembangan usaha.

Kelebihan Peluang Usaha Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil dari Bisnis Minuman Cokelat



Usaha Rumahan Modal 3 Juta - jual minuman ringan

- Bahan baku untuk usaha rumahan modal kecil untung besar ini yang dipakai ialah cokelat bubuk asli jenis cokelat dark. Bubuk cokelat ini berasal dari cokelat pilihan sehingga membuat warna cokelat lebih pekat dan aroma lebih wangi dibandingkan dengan bubuk cokelat biasa. Dede mengaku bubuk cokelatnya tanpa memakai bahan pengawet, pemanis atau perasa buatan. Untuk pemanis, Dede memakai susu kremer dan gula.

- Cara penyajian berbeda, bila umumnya pelaku bisnis dari rumah minuman cokelat memakai blender, ChocoRich menyajikannya dengan cara berbeda yaitu memakai mesin shaker stainless ala bartender.

- Memiliki 7 varian rasa, peluang bisnis rumahan ini bisa disajikan baik hangat maupun dingin. Varian rasa itu adalah Original, Mint, Coffe, Super Cola, Strawberry dan Oreo. Harga minuman cokelat tersebut dijual dengan harga 5 – 7 ribu per cup.

- Mitra tak dipungut biaya atau free royalty fee. Tiap mitra akan diberi buka buku panduan atau standar operasional prosedur sebagai buku petunjuk berbisnis rumahan.

Jenis Paket Kemitraan Yang Ditawarkan

Ada 3 paket peluang investasi rumahan yang ditawarkan ChocoRich yaitu paket 3 juta tanpa booth, paket 7 juta dengan booth aluminium dan paket 12 juta dengan booth kayu. Dengan investasi tersebut calon mitra akan mendapatkan peralatan dan perlengkapan seperti mesin cup sealer, shaker stainless blender, ice box, cup plastik, sedotan, bahan baku awal dan seragam karyawan. Selain perbedaan jenis booth yang didapat, yang membedakan antara paket satu dengan lainnya hanya pada kapasitas booth, jumlah bahan baku dan cup yang diberikan.

Analisis Break Even Point (Balik Modal) :
  • Investasi Awal : - Rp. 3 juta (untuk jenis paket usaha rumahan tanpa booth).
  • Prediksi peluang penjualan : @ 5 ribu (harga/cup) x 30 cup x 30 hari = 4,5 juta rupiah.
  • Modal yang dikeluarkan untuk pembelian bahan baku (termasuk cup dan sedotan): ChocoRich isi 30 cup (@ 3 ribu x 30 cup x 30 hari = 2,7 juta rupiah.
  • Modal biaya operasional 500 - 800 ribu per bulan untuk sewa lokasi (jika harus), biaya transpor dan sebagainya.
  • Keuntungan bersih setiap bulan: Penjualan - (Pembelian + Operasional) = 4,5 juta - ( 2,7 juta + 800 ribu) = 1 juta. Jadi bisa Balik Modal dalam waktu 3 bulan saja.
Dengan melihat peluang usaha rumahan modal 3 Juta ini dan bisa mengambil keuntungan lumayan setelah bulan ke – 4, maka berbisnis rumahan dengan modal kecil ini boleh dibilang sebuah peluang bisnis tanpa modal besar yang menguntungkan. Untuk informasi peluang bisnis dirumah lebih lanjut, silahkan hubungi Dede Sulaiman 0896 6702 3400 atau 0877 3092 9000, jl. Sekar Kemuning, Cirebon. [sumber image: photobucket.com].