Peluang Usaha Makanan Di Rumah Modal Ringan Menguntungkan

Bisnis makanan ringan modal kecil apa yang menguntungkan? Pertanyaan ini seakan tidak ada habisnya dicari orang, terutama saat ini makin banyak ibu rumah tangga yang punya kemauan untuk kerja di rumah sendiri dengan cara menjalankan usaha/bisnis modal kecil sendiri di rumah. Menekuni usaha reseller makanan di rumah pastilah amat menguntungkan dan bermanfaat bila dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Contohnya menjalankan bisnis waralaba makanan modal kecil, selain buat memaksimalkan waktu senggang di rumah setelah pekerjaan rutin beres, ada bukti bahwa ibu rumah tangga lebih bahagia karena dapat mencari duit halal dari usaha yang dijalankannya.

Bila saat ini, Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang kebetulan mencari info usaha baru, maka sekarang kami ingin berbagi cerita sukses beberapa ibu rumah tangga yang memiliki usaha makanan ringan. Maksudnya adalah mudah-mudahan peluang bisnis tanpa modal besar ini dapat bermanfaat untuk para ibu rumah tangga.

Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil


Bisnis makanan beku (frozen food) adalah salah satu pilihan untuk ibu rumah tangga yang memiliki minat dalam usaha berjualan makanan ringan. Pada umumnya, jenis atau macam makanan kecil yang dibekukan berupa bakso, nugget atau siomay. Apakah jenis bisnis makanan tersebut masih memiliki peluang yang bagus? Tentu saja, bagus! Oleh karena perubahan gaya hidup (life style) masyarakat saat ini yang menjalani kehidupannya dengan cara instan atau serba cepat dan praktis.

Terlebih lagi, untuk masyarakat di daerah kota besar yang super sibuk dan sepertinya tak punya cukup waktu buat mengurus hal-hal kecil, misalnya harus mempersiapkan makanan.

Meskipun saat ini, sudah banyak sekali pengusaha makanan ringan yang memproduksi frozen food rumahan tapi kemungkinan untuk bagaimana menghasilkan uang dari bisnis itu, masih sangat terbuka. Ambil contoh untuk menjalankan bisnis paling menguntungkan dengan modal kecil ini adalah mendapatkan pasar atau konsumen. Itu bisa dilakukan dengan cara membuat variasi rasa yang unik atau membuat makanan dari bahan yang berkualitas, sehingga nantinya produk usaha rumahan dengan modal kecil untung besar yang dihasilkan berbeda dengan jenis produk lain yang sudah kenal di pasaran.

peluang usaha makanan ringan

Jika usaha makanan beku kurang ibu rumah tangga minati karena cara membuatnya yang cukup ribet maka Anda bisa mencoba untuk berjualan makanan ringan paling populer di Indonesia yaitu jual Bakso daging sapi. Paling mudah caranya adalah mempelajari terlebih dulu apakah ada kemungkinan untunga ketika jualan bakso di rumah. Bila memang dirasa ada peluang cukup lumayan besar, maka tidak ada ruginya Anda coba-coba memulai usaha makanan itu.

Bila memang belum pernah membuat atau tidak mengetahui resep bakso yang enak maka ibu rumah tangga sekalian dapat mulai belajar membuat bakso yang enak, jangan lupa pula kuahnya harus sedap karena itu adalah bagian terpenting dalam makanan ringan seperti bakso. Menurut hemat saya, ibu di rumah tidak akan menemui kendala mendapatkan resep bakso, cara bikin kuahnya yang lezat dan gurih, membuat bakso dengan daging sapi, meracik sambal dan sebagainya.

Untuk resep atau cara membuat bakso bisa dicari dari buku resep yang dijual di toko buku atau cari saja di internet pasti akan menemukannya dengan mudah. Dengan modal awal yang kecil berkisar antara 3 – 5 juta, maka jenis usaha makanan kecil yang menguntungkan itupun dapat mulai ditekuni di rumah.

peluang usaha makanan dengan modal kecil

Ada lagi ide bisnis lainnya yang mudah dikerjakan yaitu jualan gorengan yang bisa dikerjakan ibu rumah tangga di rumah, malahan jenis bisnis ini hanya membutuhkan modal lebih kecil lagi. Sepertinya dengan punya modal usaha sekitar 1 - 2 juta saja, usaha jualan gorengan ini sudah dapat dikerjakan di rumah.

Keuntungan lainnya, bisnis makanan ringan modal kecil mempunyai peluang lumayan bagus apalagi jika lokasi rumah kita berada dekat dengan pusat keramaian seperti sekolah, kampus, terminal, komplek perkantoran dan fasilitas umum lain. Bila mempunyai modal lebih besar maka bisnis makanan ringan itu bisa dipadukan dengan menjual minuman segar sebagai pelengkap, misalnya jus aneka buah, es kelapa muda dan sejenisnya.

Cara Memulai Usaha Baru Dengan Modal Kecil


Rasa takut rugi, tidak paham cara menjual atau kurang mengetahui cara memulai sebuah usaha merupakan beberapa kendala yang sering menghadang para pemula. Saat mereka ragu akan memulai bisnis kecil di rumah dan itu berlaku (terjadi) di hampir semua jenis peluang bisnis dirumah, termasuk bisnis makanan ringan ini.

Jika perasaan takut tersebut juga membayangi Anda, maka berikut ini adalah bagaimana menghasilkan uang sebagai seorang wirausahawan rumahan walau dengan modal yang kecil.

- Belajarlah berani memutuskan karena sikap ini merupakana salah satu kunci sukses bila mau menjalankan usaha sendiri dari rumah Anda. Segera buanglah jauh-jauh rasa takut rugi karena jika ketakutan tidak bisa diabaikan maka untuk selamanya para ibu rumah tangga tak akan berani memutuskan dan bertindak untuk mulai menjalankan bisnis di rumah. Sadarilah bahwa resiko kerugian adalah faktor yang pasti ditemukan dalam berbagai macam bisnis, tapi jika mempunyai perencanaan dan tahu cara menjalankan rencana tersebut maka sebetulnya kemungkinan rugi dapat diperkecil.
peluang usaha makanan kecil 2015

- Jangan berhenti mencari untuk mendapatkan ide usaha yang terbaik, bisnis kecil menguntungkan apa yang mau dijalani? Jangan lupa melihat sejauh mana kemampuan atau keahlian yg Anda miliki. Jangan pernah menjalankan usaha makanan jenis apapun bila tidak ada sama sekali keahlian di bidang kuliner tersebut. Tapi kabar baiknya adalah sebuah keahlian atau kemampuan bisa dipelajari dan dikuasai. Misalnya, bila tak bisa memasak maka para ibu rumah tangga dapat mulai belajar memasak, itu artinya harus ada proses pembelajaran. Sebaiknya jangan lupa juga bahwa Anda harus mempunyai modal utama lainnya yakni minat.

- Modal utama dan paling penting dalam usaha apapun ialah minat, modal ini lebih besar nilainya daripada modal uang. Seseorang dapat sukses menjalani usahanya jika ia punya minat kuat walaupun mungkin awalnya tak miliki modal besar sama sekali. Berbekal keuletannya maka bisa saja dia berusaha sedemikian rupa sehingga mendapatkan modal usaha meski mungkin berasal dari modal yang dipinjam dari orang lain. Namun sebaliknya, siapapun pengusahanya bisa dengan mudah kehilangan modal uangnya bila mereka keliru memilih dan menjalankan sebuah jenis usaha.

Jadi masih tetap berminat dengan menjalankan bisnis sendiri dari rumah seperti menekuni usaha waralaba yang paling menguntungkan? Maka, bersikap dan bertindaklah seperti seorang pengusaha sejati. Jangan ragu, jangan takut, mau belajar, berusaha dengan kerja keras dan selalu berdoa menurut iman kepercayaan masing-masing agar diberikan kelancaran dalam menekuni peluang usaha yang menguntungkan dengan modal kecil. Semoga sukses!