Peluang Bisnis Makanan Daging Iga Sapi - Info Waralaba Menjanjikan

Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil


Selain bisnis online yang menguntungkan, maka usaha rumah makan yang menyajikan aneka menu kuliner iga juga dikategorikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan untuk masa depan. Mengapa usaha kuliner ini sangat menjanjikan dan layak dicoba? Hal itu tak lepas dari bagusnya respon konsumen membuat banyak pelaku usaha kreatif dengan modal kecil jenis restoran iga mengembangkan usahanya memakai cara waralaba.

Kali ini, kami ingin menghadirkan tulisan tentang usaha makanan terlaris waralaba kuliner berbahan daging iga yang sedang diminati konsumen? Bagaimana cara memilih merek waralaba kuliner iga yang memiliki prospek usaha makanan kecil yang menguntungkan?

Peluang Bisnis Makanan Iga Bakar Yang Menjanjikan - Info Waralaba
https://twitter.com/IBMangopan/media

Prospek Usaha Sampingan Yang Mudah dan Menguntungkan


Bila di manca negara terutama Eropa, daging iga lebih populer diolah menjadi steak, maka lain halnya di dalam negeri. Iga lebih banyak dijadikan bisnis kuliner tradisional yang memiliki cita rasa khas dan menggugah selera. Sebut saja sop iga, iga bakar juga sop Konro. Diminatinya menu kuliner iga yang banyak ditawarkan resto dan rumah makan memberikan gambaran bahwa usaha kuliner iga adalah salah satu jenis usaha yang menguntungkan saat ini.

Dedi Rustandi, seorang pemerhati kuliner mengatakan bahwa bidang usaha yang menguntungkan berbahan iga mulai berkembang pesat sejak tahun 1990an. Waktu itu rumah makan dan resto khusus yang menyajikan kuliner iga banyak bermunculan. Umumnya, tempat makan dengan cita rasa daging iga gurih dan bertekstur empuk, selalu jadi incaran .

Seiring pesatnya perkembangan peluang usaha yang menguntungkan saat ini, belakangan bisnis kuliner iga kembali naik daun, karena diminati anak muda dan semua usia. Yang menarik, jika dulu kuliner iga hanya bisa diminati kalangan menangah atas, kini banyak pelaku usaha kuliner iga dengan membidik konsumen menengah ke bawah dengan harga relatif terjangkau dan modal investasi kecil menguntungkan.

Begitu juga pendapat Evi Diah, pengamat usaha dari Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) mengatakan perkembangan usaha rumah makan kuliner iga dengan harga terjangkau terus bermunculan bak jamur di musim hujan. Perkembangan bisnis yang mudah dan menjanjikan, dimana hal itu bisa disebabkan oleh kemungkinan pelaku usaha yg prospektus ini banyak menyasar kelas menengah atas sehingga persaingan usaha di tingkat menengah ke bawah tidak terlalu ketat, apalagi menu kuliner iga memang banyak diminati oleh masyarakat dari segala golongan.

Cara Menjalankan Usaha Makanan Terlaris


Supaya bisa bersaing di bisnis makanan ringan modal kecil, tentu kualitas rasa yang dihasilkan sangat memegang peran penting. Deddy mengingatkan agar pelaku usaha kuliner iga tetap menggunakan bahan baku berkualitas tanpa mengurangi takaran bumbu. Sedangkan untuk menyiasati harga bahan baku iga yang cukup tinggi, banyak pelaku usaha makanan iga menggunakan bahan baku iga lokal, salah satunya adalah Andrian Novandra.

Andrian, pemilik waralaba Iga Bakar Mang Opan ini memilih menggunakan bahan baku iga lokal karena harganya terjangkau. Selain itu, iga lokal juga lebih fresh dan mudah didapat dibanding iga impor. Menurut Andrian, bahan baku iga bukanlah hal penting dalam usaha makanan yang menjanjikan ini, sebab rasa enak iga bisa diperoleh dari cara memasak dan bumbu yang digunakan. Jadi bahan baku daging iga tidaklah menentukan rasa. Walau pakai iga lokal, tapi kalau cara masak dan bumbunya pas maka usaha paling mudah dan menguntungkan inipun akan berjalan dan diminati konsumen.

Membuat Iga Bakar


Untuk mendapatkan rasa lezat maka perlu tahu cara memasak iga yang benar, berikut adalah tips bisnis untuk mengolah daging menjadi iga bakar lezat.
  • Supaya bumbu meresap serta dagingnya empuk, sebaiknya daging iga dipresto selama 30 menit bersama bumbu halus berupa bawang putih, bawang merah, merica, cabe merah besar, serai digeprek dan garam secukupnya.
  • Bakar daging iga setelah proses presto selesai. Proses pembakaran selama 5 menit di atas bara api sambil dilumuri bumbu. Proses pembakaran ini akan menghasilkan iga bakar empuk dan lembut meski daging yang diolah cukup tebal.

Cara Melihat Peluang Bisnis Yang Baik


Karena persaingan bisnis yang menjanjikan semakin ketat maka mau tidak mau para pelaku usaha ini harus berpikir kreatif untuk bisa bertahan dan sekaligus memenangkan persaingan usaha. Banyak cara menguntungkan yang bisa dilakukan pelaku bisnis kuliner iga, salah satunya adalah dengan memberikan variasi menu olahan iga yang beragam agar pelanggan tidak cepat bosan.

Dapur Iga misalnya, menawarkan menu iga rasa yang enak, mulai dari Iga Hot Plate, Konro Bakar Kecap, Iga Penyet, Sate Iga, Nasi Bakar Iga, Tom Yam Iga, Mie tek-tek iga, Mie goreng iga, Sop Sayur iga, hingga Pindang Iga.

Lain lagi dengan Aditya Nugraha, pemilik bisnis waralaba Ramen Cemen, lebih memilih menghadirkan iga bakar yang dikreasikan dengan makanan Jepang yaitu Ramen. Jika Ramen umumnya menggunakan topping daging ayam atau seafood, maka Aditya memilih iga sebagai topping. Tidak mudah memadukan iga bakar dengan kuah Ramen. Jika rasikan tidak pas maka akan membuat bumbu dan rasa iga bakar hilang karena kuah ramen.

Bila Anda ingin menjalankan bisnis yang menjanjikan ini dengan membuka resto atau rumah makan olahan daging iga tapi tidak memiliki pengalaman dan keahlian di bidang kuliner maka sekarang tidak perlu kuatir. Sebab, saat ini banyak pelaku bisnis yang menawarkan kerja sama menguntungkan dengan cara waralaba. Investasi yang ditawarkan sangat beragam tergantung ukuran bisnisnya, ada yang kelas booth, kedai, warung tenda hingga restoran.

Untuk pembaca yang memiliki modal terbatas bisa mencoba tawaran kemitraan dari Steak Ratu Konro Daeng Rahfi yang menawarkan 3 pilihan paket investasi mulai dari tipe Booth sebesar 7 juta, tipe warung tenda modalnya 15 juta atau tipe mini resto dengan modal sejumlah 33 juta. Jika punya modal bisnis yang dimiliki cukup besar, maka bisa melirik tawaran menjanjikan dan menguntungkan dari iga bakar Mang Opan dengan 4 pilihan paket investasi mulai dari konsep Mini Kedai dengan modal 90 juta hingga skala Kedai Maksi dengan modal 130 juta.

Pemasaran


Usaha promosi bisnis waralaba, mutlak dilakukan baik oleh pemilik merek waralaba (franchisor) dan pelaku waralaba (pembeli hak dagang/bisnis). Bentuk promosi yang biasanya dilakukan Pewaralaba siatnya lebih luas seperti beriklan di media massa, elektornik maupun online. Sedangkan untuk terwaralaba, usaha promosi lebih bersifat lokal dengan cara menyebarkan brosur, memasang spanduk, banner, maupun memberikan potongan harga atau diskon hingga memberikan makan gratis untuk yang berulang tahun misalnya.

Memilih Usaha Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan


Bisnis kuliner memang punya tempat tersendiri untuk masyarakat Indonesia sehingga wajar bila banyak pelaku usaha yang tertarik mencicipi gurihnya keuntungan bisnis kuliner tersebut. Bahkan tidak sedikit pelaku bisnis yang menjanjikan itu akhirnya mengembangkan usaha kulinernya dengan cara waralaba. Kini peluang usaha yang menguntungkan dengan modal kecil, menawarkan menu unggulan seperti olahan iga sapi mengalami perkembangan yang baik di masyarakat. Diperkirakan prospek usaha ini akan terus Berjaya hingga beberapa tahun ke depan.

Di Indonesia, budaya latah telah menjadi hal yang wajar. Jika melihat suatu usaha tengah booming maka sudah lumrah jika banyak yang mengikuti atau mencontohnya. Tapi tak selamanya sifat ikut-ikutan itu buruk, karena dengan makin bertambahnya pelaku usaha olahan iga tentunya membuat persaingan bisnis menjadi makin ketat dan menjanjikan. Artinya pelaku usaha harus berpacu untuk lebih kreatif mengembangkan bisnisnya hingga mampu meningkatkan kualitas layanan dan produk yang dijual menjadi lebih baik sehingga menguntungkan.

Jika itu benar, maka para calon pelaku usaha kecil yang tertarik membeli usaha dengan cara waralaba olahan iga sebaiknya memperhatikan pengalaman pemilik waralaba (franchisor). Misalnya, mencari tahu telah berapa lama bisnis pewaralaba menekuni usahanya, berapa jumlah cabang yang dimiliknya, berapa jumlah pelanggannya setiap hari dan seberapa besar pendapatan bisnis menjanjikan tersebut setiap bulannya.

Jika seorang pewaralaba punya pengalaman lebih dari 5 tahun dan masih tetap bisa bertahan maka itu berarti pewaralaba bersangkutan telah mengalami masa ujian dan sukses melewati persaingan bisnis dengan hasil yang baik. Bekal pengalaman itu sangat menguntungkan dan bisa ditawarkan kepada para calon waralaba mitra usahanya sehingga calon mitra tak ragu lagi ikut bergabung dalam bisnis kuliner menjanjikan makanan iga miliknya.

Memilih tempat usaha merupakan hal penting juga setalah mengetahui seberapa baik pengalaman pewaralaba (pemilik merek dagang). Tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan, dekat dengan sentra bisnis atau tempat ramai lainnya adalah lokasi strategis yang bisa dijadikan tempat usaha membuka bisnis waralaba itu.

Namun perhatikan juga segmentasi atau konsumen, apakah sesuai dengan tingkat ekonomi calon / konsumen, misalnya jika mau membidik golongan ekonomi menengah atas maka memilih lokasi jualan strategis (menguntungkan) di area kelas tersebut akan lebih menjanjikan. Bagitu juga sebaliknya, jika segmen kelas menengah bawah maka lokasi daerah pingiran bisa menjadi pertimbangan.

Puluhan Peluang Waralaba Berbahan Daging Iga


  • Iga Bakar Mang Opan, alamat jl Sukapura nomer 40-B Bandung, modal mulai dari 90 – 130 juta.
  • Dapur Iga, jl Atlas 2 nomer 3 Bandung, modal usaha 300 juta – 1 milyar.
  • Ramen Camen, jalan Pangarang Dalam 4 nomer 3, Bandung, modal 33 – 99 juta rupiah.
  • Iga Bakar Panglima, jalan Gandaria Tengah II / 30 Jakarta Selatan, modal 250 juta.
  • Sop Konro Daeng Basso, jalan Letjen Suprapto ITC Cempaka Mas lt. 5 no 51 Jakarta Utara, modal 285 – 320 juta.
  • Warung Leko, ruko Kebayoran Arcade C 1 nomer 10 Bintaro Sektor 7 Tangerang Selatan, dengan modal yang lumayan besar yaitu 1,5 milyar.
  • Iga bakar Madu, jalan Cinere Depok Jawa Barat, modal bisnis 180 juta.
  • Iga Bakar Jogja, jalan Magelang nomer 115 KM. 5 Yogyakarta, modal 300 juta.
  • Iga Bakar Mas Giri, jalan Besar Ijen 77 B (sebelah utara Poltekes Malang) Jatim, modal 115 – 170 juta.
  • Iga bakar Jamila, jalan Raya Pakis Aji nomer 25, Malang, menawarkan peluang bisnis tanpa modal besar antara 20 – 40 juta.
  • D’Paros, jalan Jatiasih Raya no. 44 Bekasi, harga modal usaha hubungi pewaralaba.
  • Kedai Sapi Bali (Iga Bakar Bali) jalan Cibulan Raya nomer 17 A Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Modal 200 juta.
  • Emiliee Iga Bakar, jl MP Mangkunegara no 71 – 73 Kenten Permai Palembang, modal bisnis 30 juta.
  • Bakso tulang Iga, jalan Gurame Lengkong Bandung, menawarkan usaha mudah dan menguntungkan dengan modal 15 – 25 juta.