Cara Bijak Memilh Bisnis Franchise Makanan Murah

Salah satu cara tercepat dan terbaik untuk mendapatkan penghasilan sampingan di rumah adalah dengan cara membuka bisnis modal kecil sendiri. Contoh saja, buka usaha makanan ringan dengan harga murah sebagai pengisi waktu luang. Namun terkadang kita kesulitan memilih jenis usaha makanan yang paling cocok dan menguntungkan buat dijalankan. Bila halnya demikian, maka salah satu jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan jalan mencari bisnis makanan murah dengan jenis franchise. Meskipun saat ini ada banyak sekali pelaku usaha franchise makanan seperti ini namun prospek bisnis franchise di Indonesia masih sangat bagus untuk beberapa tahun mendatang. Di kesempatan sekarang, kami ingin berbagi informasi bagaimana caranya memilih salah satu jenis franchise dengan modal murah yang menguntungkan untuk dikerjakan di rumah.

3 Cara Memillih Bisnis Franchise Makanan Yang Harus Dilakukan

Franchise Makanan Murah dibawah 5 juta

Semakin maraknya usaha franchise terutama makanan yang digeluti orang saat ini, membuktikan sebuah fakta bahwa prospek usaha ini sangat menjanjikan. Segala jenis waralaba dari modal yg murah di bawah 5 jutaan sampai di atas 100 jutaan dapat ditemukan sekarang, dimana fenomena ini sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan 5 atau 10 tahun lalu. Sebuah usaha waralaba makanan tak lepas dari yang namanya persaingan, oleh karena itu bagaimana cara memilih sebuah bisnis franchise makanan murah yang menguntungkan atau jenis waralaba lainnya sehingga dapat dijadikan peluang usaha sampingan di waktu senggang. Berikut adalah cara memilih jenis franchise yang bisa Anda jadikan acuan.

1. Memilih Merek Waralaba Makanan Terpercaya adalah sebuah perkara tak mudah apalagi jika pembaca belum memiliki pengalaman dalam menjalankan bisnis dengan modal milik sendiri. Agar modal yang dimiliki tidak sia-sia dan menghasilkan keuntungan maka pilihlah bisnis franchise murah yang sesuai dengan lokasi dan sasaran pasarnya. Jika ambil bagian dalam program kemitraan dari waralaba makanan yang sudah terkenal maka hal itu mungkin tak terlalu sulit untuk memikirkan masalah pemasaran atau marketingnya karena banyak orang telah kenal produk yang bersangkutan. Tapi biasanya, jika ingin bergabung ke waralaba seperti itu maka harus menyiapkan modal bisnis cukup besar karena biasanya kerjasama kemitraannya dipatok dengan harga yang cukup mahal alias tidak murah. Pilihan kedua adalah dengan menjadi mitra usaha makanan dari franchisor baru atau belum terkenal, walau mungkin modalnya tidak terlalu besar namun umumnya jenis franchise baru seperti itu harus didukung oleh pemasaran yang baik disamping jenis produknya apakah kira-kira diminati masyarakat atau tidak.

2. Kredibilitas Pewaralaba harus terpercaya, ini penting. Cara mengetahui apakah pemilik merek franchise makanan kecil bisa dipercaya dapat dilakukan dengan cara seperti: sudah berapa tahun mereka menjalankan bisnis makanannya, ada berapa mitra usahanya, cara manajemen pengaturan wilayah antar mitra bagaimana, apakah ada pelatihannya dan sebagainya adalah masalah teknis yang wajib Anda ketahui saat ingin bergabung dalam salah satu kerja sama kemitraan usaha waralaba bermodal murah. Tanyakan semua tentang detilnya sehingga kita akan menjadi paham dan dapat memperkirakan apakah bisnis makanan tersebut dapat dijalankan sesuai dengan kondisi masing-masing. Sebaiknya, pilih franchisor dengan masa usaha lebih dari 5 tahun karena jika sebuah franchise dapat bertahan dan berkembang setelah masa 5 tahun maka ini adalah salah satu bukti bahwa merek franchise murah itu terpercaya karena tetap eksis dalam persaingan bisnis tersebut.

3. Memperhatikan Segmen Pasar adalah bagian dari rencana bisnis yang tak boleh dilewatkan atau disepelekan begitu saja. Tahap ini berhubungan dengan jenis produk dan pasar yang dijadikan sasaran termasuk lokasi tempat jualan. Misalnya produk franchise makanan jenis produk makanan ringan seperti ayam goreng dengan harga jual murah berkisar antara 15 atau 20 ribuan per porsi dan peminatnya adalah umunya anak-anak, remaja dan sebagian kecil orang dewasa maka sebaiknya lakukan survey kecil-kecilan menyangkut lokasi tempat jualannya. Dengan melakukan riset kecil seperti itu maka paling tidak akan meminimalkan kemungkinan kerugian karena produk tidak laku. Pandai-pandailah memilih lokasi jualan sebab itu sangat menentukan sekali terhadap kelangsungan bisnis waralaba murah yang dijalankan.

Ketiga cara memilih bisnis franchise makanan murah tersebut adalah patokan utama dan penting sehingga bisa dijadikan pedoman umum buat semua orang yang ingin terjun dan menekuni usaha kecil modal murah. Akhir kata, bijaklah dalam menentukan produk waralaba, jangan mudah tergiur dengan promosi para franchisor yang menjamin modal akan kembali cepat tanpa dilihat dulu tingkat persaingan, lokasi penjualan dan pangsa pasarnya karena hal itu akan membawa ke arah kerugian semata. Selamat berusaha dan lakukan segera!