Rahasia Menjadi Wirausahawan Yang Sukses

Saat ini banyak sekali orang dan kemungkinan diri kita sendiri sangat antusias untuk mencoba memiliki dan menjalankan usaha atau bisnis modal kecil sendiri di rumah, entah itu buat sampingan atau hanya mengisi waktu senggang. Ini tidak lepas dari kondisi di negara ini yang semakin sulit mendapatkan kesempatan kerja di sektor formal seperti menjadi seorang karyawan, pegawi negeri sipil, anggota TNI dan sebagainya. Atau sudah punya pekerjaan tetap sebagai pegawai atau karyawan namun merasa tidak puas dengan penghasilan setiap bulan yang tak cukup menutupi kebutuhan rumah tangga. Maka salah satu cara agar dapat tetap produktif dan menghasilkan uang adalah dengan jalan mencoba bisnis kecil-kecilan sendiri di rumah. Namun kenyataannya untuk memulai sebuah usaha walau dengan modal kecil sekalipun tidak semudah membalikkan telapak tangan karena banyak hal yang biasanya menghambat seseorang memulai bisnis mereka. Salah satu hambatan itu adalah TAKUT GAGAL. Berikut ini adalah cara sederhana agar siapapun Anda mampu mengalahkan rasa ketakutan tersebut sehingga bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Kunci Sukses Wirausaha Modal Kecil

Awas! Salah mendidik anak berdampak kepada masa depan mereka – Puspo Wardoyo, pemilik Ayam Bakar Wong Solo
Sosok Puspo Wardoyo mungkin belum banyak diketahui orang namun pemilik waralaba bisnis ayam bakar Wong Solo ini memiliki satu cara paling jitu yang bisa ditiru ketika seseorang ingin memulai dan menjalankan usaha sendiri di rumah.

kunci pebisnis kecil yang sukses
DOK: www.seputarukm.com

Rasa takut jualan tidak laku, produk tidak diminati pasar, takut “malu” dan mendapatkan cemoohan dari keluarga atau orang di sekitar adalah tembok besar yang harus ditaklukan atau dihilangkan terlebih dulu jika ingin memulai sebuah usaha. Menurut Puspo Wardoyo, ”Orang yang penakut, selamanya tidak akan pernah berani memulai suatu usaha bisnis”. Menurut pengalamannya, dia tidak takut untuk rugi ketika mengembangkan bisnis ayam bakarnya karena ketika suatu saat pernah mengalami kegagalan maka sebenarnya ada pelajaran berharga yang diperoleh dari kegagalan tersebut. Kegagalan itu bukanlah kerugian karena dari kegagalan itu, seorang pengusaha yang ingin sukses akan mempelajari apa yang menjadi penyebabnya, melakukan analisis dan selanjutnya akan berbuat lebih baik agar tidak gagal untuk kedua kalinya.

Salah satu faktor mengapa seseorang mengurungkan niatnya untuk mencoba membuka usaha sendiri yaitu pendidikan salah di masa lalunya.Secara tidak sadar, pada umumnya orang tua telah mendidik anak-anak dengan cara didik yang kurang tepat dan didikan tersebut telah tertanam di alam bawah sadar anak. Misalnya, orang tua yang melarang anaknya untuk tidak naik pohon mangga karena takut anak itu nanti jatuh. Akibatnya, anak itu pun tidak tahu atau tidak berani naik pohon mangga. Padahal, jika dibiarkan naik pohon, maka mungkin dia bisa mengambil mangga dan menikmati manisnya buah itu. Untuk kasus seperti ini maka alangkah baiknya jika orang tua memberi contoh kepada si anak bagaimana cara memanjat pohon agar tidak jatuh daripada memberikan larangan yang itu bisa “membunuh” kreativitasnya.

Filosofi seperti ini jika dihubungkan dengan dunia usaha maka sebenarnya seorang calon pebisnis sebaiknya tidak perlu merasa takut jatuh, gagal dan rugi. Karena sebenarnya, menurut Puspo, dalam bisnis tidak ada yang rugi, bahkan sekalipun tidak untung maka sebenarnya mereka tidak rugi karena dari kondisi itu mereka dapat pengalaman berharga. Pengalaman itulah guru terbaik dalam kehidupan. Salah atau tidak untung bukan risiko. Itu adalah pengetahuan yang berguna untuk langkah-langkah berikutnya. “Orang yang tidak pernah salah, tidak akan maju. Pengusaha yang tidak pernah salah, tidak akan sukses. Prinsip tersebut berlaku, baik bagi pengusaha kecil dan menengah, maupun pengusaha besar,” demikian menurutnya.

Modal uang bukanlah sumber utama untuk mengambil sebuah keputusan apakah mau menjalankan usaha sendiri atau tidak karena tanpa uang pun sebenarnya siapapun dapat memulai bisnisnya. Seperti misalnya mencari mitra atau rekanan yang mau memberikannya pinjaman buat usaha atau menjalin kerja sama dengan orang lain dengan cara bagi hasil. Jadi ketika ada keberanian untuk menjadi seorang pengusaha maka pasti ada cara untuk mengatasi masalah keuangan itu. Ini lebih baik jika dibandingkan dengan punya modal besar tapi takut kehilangan uangnya karena belum-belum sudah takut “rugi” duluan. Orang peragu atau takut tidak cocok untuk menjadi pengusaha karena memang pola berpikir wirausahawan berbeda dengan cara berpikir seorang karyawan. [Baca juga: Ide Usaha Kecil Modal 1 Juta].

Akhir kata, dalam dunia bisnis selalu dikenal dengan istilah resiko namun hanya seseorang yang memang pemberani saja yang mampu menjadi seorang pengusaha. Jika Anda memiliki keinginan kuat untuk mencoba bisnis sampingan di rumah dengan modal kecil sekalipun maka berusahalah mengalahkan perasaan “takut gagal”. Belajarlah menjadi seorang pemberani yang mampu menghadapi segala kemungkinan terburuk karena sebenarnya tidak ada kerugian apapun dalam dunia usaha. Jika boleh diibaratkan bahwa kesuksesan adalah tujuan maka Anda harus mulai yakin dan berani bergerak maju untuk mencapainya.