Bisnis Donat Kreatif | Kue Unik Mampu Hasilkan 6 Jutaan/bulan

Peluang usaha yang menguntungkan dengan modal kecil - Menemukan peluang mendapatkan uang atau mencari ide peluang usaha modal kecil yang paling bagus merupakan kunci utama sebuah kesuksesan. Salah satunya adalah bisnis makanan unik dan menarik walau pun jenis makanan itu sebenarnya sudah dikenal luas oleh masyarakat, seperti bikin kue donat unik.
Coba saja perhatikan di sekeliling kita, banyak orang menjalankan usaha bisnis kreatif dengan menjual atau menawarkan dagangannya dengan cara yg berbeda tapi unik. Cara mencari uang seperti itu akan memperbesar peluang menarik pembeli untuk mencobanya. Contohnya, dengan memberi nama unik pada barang yang dijual atau membuat kreasi unik. Cara ini akan memberi nilai tambah terhadap produk yg bersangkutan. Ini merupakan sebuah upaya mencari uang yg bagus buat menjaring pelanggan.

Paling tidak hal itulah yg dilakukan oleh Sarifatmi Noviani, biasa dipanggil Sari, seorang wanita yang melihat peluang bisnis tanpa modal besar dengan berjualan donat dengan aneka jenis topping menarik dan unik sehingga mampu menarik minat konsumen.

Awal Memulai Bisnis Donat

Siapa yang tak tahu bentuk donat? Makanan kecil dari tepung terigu ini biasanya berbentuk cincin dengan diberi aneka topping bermacam rasa. Namun buat Sari, model donat seperti itu sangatlah menjemukan. Oleh sebab itu, lalu dia mencoba usaha bisnis kreatif dengan membuat kue donat berbentuk unik seperti model bunga atau bentuk daun dengan tetap memberikan sentuhan topping yang menarik.Alhasil, dari kreasi yg dibuatnya ternyata banyak orang menyukai jenis baru kue donat bikinannya.

Peluang usaha makanan dengan modal kecil yang dilakukan oleh Sari ini adalah murni usaha di rumah tanpa modal yang besar karena dia mengerjakannya sendiri berdasarkan pesanan saja. Namun demikian, peluang usaha yang menguntungkan dengan modal kecil tersebut memiliki peluang yang bagus dan menjanjikan sebab dalam sehari saja dia bisa mendapatkan pesanan sebanyak 350 – 450 biji.

Bisnis Donat Unik Kreatif Rumahan Masih Menjanjikan Buat Ibu Rumah Tangga dan Wanita
https://www.flickr.com/photos/sarifatmi/2292427671/in/photostream/

Dalam menjalankan peluang bisnis dirumah yang menjanjikan tsb, modal usaha yang dikeluarkannya adalah 6 juta. 5 juta dipakai untuk membeli alat-alat untuk membuat kue seperti mixer, loyang dan lain-lain maka sisa 1 juta dari modal tersebut dipakai untuk membeli bahan-bahannya. Sari memanfaatkan internet untuk menambah pengetahuannya dalam membuat donat yang unik dan sedang atau akan disukai masyarakat. Proses belajar ini dipelajarinya dengan seksama agar peluang usaha makanan dengan modal kecil miliknya akan laku dijual dan disukai konsumen.
[Baca pula: Peluang Bisnis Mendapatkan Uang Dengan Modal Awal 1 Juta].

Cara pemasaran bisnisnya dilakukan lewat promosi dari mulut ke mulut ke tetangga sekitar rumahnya waktu pertama kali dulu menjual produknya. Dan kemudian mulai memakai internet sebagai tempat menjual produknya seperti Facebook dan blog.

Sari sengaja membuat donat hanya berdasarkan pesanan saja setiap harinya, namun dia membuat aturan bahwa jika mau pesan maka minimal konsumen harus memesan 100 biji donat ukuran kecil (mini) seharga Rp. 1.000/biji dan 50 biji ukuran besar dengan harga Rp. 2.000/buah.

Dengan ide peluang usaha modal kecil seperti ini, setiap hari order yuang masuk rata-rata berkisar antara 300 – 400an biji. Jika dipotong dengan biaya pengeluaran untuk bahan kue dan biaya operasional lain maka secara global keuntungan bersih bisnis donat rumahannya sekitar 6,5 juta sebulan. Sebuah peluang bisnis dirumah yang lumayan menjanjikan, bukan?

bikin donat buat usaha di rumah yang menjanjikan untung besar
https://www.flickr.com/photos/sarifatmi/2292427671/in/photostream/

Walaupun keuntungan bisnis skala rumahan ini perbulannya tidaklah terlalu besar namun untuk ukuran sebuah usaha kecil rumahan maka hal ini adalah sangat menjanjikan dan menguntungkan. Apalagi jika diperhatikan lebih jauh bahwa donat adalah jenis makanan kecil yang sudah dikenal mayarakat luas, digemari, harga relatif murah atau terjangkau dan tidak mengenal musim artinya bisa jualan dalam kondisi apapun, maka potensi keuntungan yang menjanjikan dari bisnis itupun tidak akan terpengaruh.
Jadi siapapun dapat mencoba bikin donat unik sekaligus menjualnya, apalagi buat para ibu rumah tangga yang pingin mencari penghasilan tambahan di rumah maka tidak ada salahnya mencoba menekuni bisnis kreatif seperti ini sebagai usaha kecil menjanjikan tersebut.

Cara Membuat Donat Rumahan Yang Enak dan Bisa Laris Jika Dijual
  • Pilih dan pakailah tepung dengan kualitas baik sehingga akan membuat ragi lebih mudah menjalankan fungsinnya sebagai pengembang adonan.
  • Memilih ragi juga perlu diperhatikan, sebaiknya pilih ragi dalam kemasan tertutup (atau belum dibuka) sehingga ragi tetap dalam kondisi baik dan mudah mengembang jika dicampurkan dalam adonan.
  • Untuk menghindari bantat saat proses penggorengan maka uleni adonan sampai benar-benar kalis. Untuk mengetahui kalis tidaknya adonan donat yaitu dengan cara menarik adonan kearah sisi berlawanan, jika saat ditarik adonan itu tidak terputus maka itu artinya sudah kalis.
  • Sebagai toppingnya, misalkan memakai cokelat dengan teknik tim maka pastikan uap air panas tidak jatuh ke atas cokelat karena akan membuat cokelat berwarna tidak menarik atau berwarna pudar sehingga akan terlihat kurang menarik.
Jadi, apakah para ibu rumah tangga bersiap ingin coba memulai ide peluang usaha modal kecil seperti yang dilakukan oleh Sari? Kalau demikian, mulailah belajar membuat kreasi kue yang unik, menarik, enak rasanya dan murah harganya sehingga punya nilai jual menjanjikan dan disukai konsumen. Menjalankan peluang usaha makanan dengan modal kecil seperti ini memang butuh proses dan ketekunan agar bisa mendapatkan uang dengan mudah. Selamat berbisnis kreatif dan semoga sukses!