Bisnis Rumahan Yang Mudah, Bagaimana Cara Menemukannya?

Tidak saja ibu rumah tangga, karyawan, pelajar, mahasiswa bahkan pensiunan pegawai negeri atau ABRI pun saat ini sangat ingin menjalankan sebuah bisnis mudah yang menguntungkan. Tapi tahukah Anda bahwa tidak semua orang dapat menemukan sebuah ide usaha yang mudah, bisnis dengan modal kecil dan sekaligus juga harus menguntungkan dan menjanjikan prospek bagus di masa akan datang. Berikut ini adalah ulasan singkat bagaimana sebaiknya mencari sebuah bisnis yang bukan saja dapat memberikan keuntungan secara finansial namun juga bisa dikembangkan untuk jangka panjang.

3 Jenis Model Bisnis Secara Umum
Secara garis besar, sebenarnya hanya ada 3 jenis bisnis yang ada di dunia ini yakni bisnis yang termasuk dalam hal mencipta, perdagangan dan bisnis di bidang jasa. Satu per satu akan dibahas secara ringkas tentang ketiga jenis usaha tersebut.

Produsen adalah jenis usaha menciptakan sebuah produk dari belum ada menjadi ada. Selain membutuhkan pengetahuan atau keahlian tertentu maka biasanya juga butuh kreativitas untuk dapat menjalankan usaha seperti ini. Misalnya pengusaha kerajinan tangan aksesoris wanita adalah salah satu jenis usaha yang termasuk dalam golongan ini. Membuat konveksi baju/busana muslim, kerajinan tas kulit, pengrajin sepatu, pengrajin tahu tempe, jual bakso, jual es buah, jual sate, jual soto adalah beberapa jenis usaha yang dapat dikategorikan dalam jenis bisnis mudah ini. Setiap jenis usaha tersebut memiliki kebutuhan modal usaha yang bervariasi, bisa hanya modal ratusan ribu, 1 juta, 2 juta, puluhan juta, ratusan juta bahkan mungkin modal bisnis milyaran rupiah jika skala usahanya sangat besar atau kategori pabrikan. 

Bisnis Rumahan Yang Mudah, Bagaimana Cara Menemukannya?
Jadi bila, Anda sedang mencari ide bisnis modal kecil buat sampingan di rumah dan sangat berminat untuk mulai memproduksi sebuah barang atau makanan tertentu yang memiliki nilai ekonomis maka mulailah mencari usaha tersebut. Caranya mudah saja kok, misalnya jika suka memasak buat ibu rumah tangga maka usaha menjadi produsen makanan kecil atau makanan ringan bisa menjadi alternatif usaha yang menguntungkan. Sebagai seorang pemula, mungkin ada kendala dalam hal permodalan tapi masalah modal usaha sebenarnya bukanlah penentu keberhasilan bisnis Anda. Yang paling penting dalam menjalankan bisnis sebagai produsen ini adalah kreativitas untuk menciptakan sebuah produk barang yang memiliki bentuk /  model unik dan menarik atau memiliki “rasa unik” jika terjun dalam bisnis kuliner.

Jadi pedagang atau penjual adalah usaha jenis lain yang bisa ditekuni oleh siapa saja. Membeli dengan harga murah dan kemudian menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi dimana selisih antara harga beli dan jual tersebut itulah yang menjadi keuntungan dalam jenis bisnis, ini merupakan gambaran umum cara kerja jenis usaha terebut. Contohnya jualan sayur di pasar tradisional, jualan ikan segar, jual baju anak-anak, jual aksesoris untuk wanita, buka usaha jual kebutuhan pokok sehari-hari adalah beberapa contoh bisnis mudah yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, terkadang apa yang sudah lumrah dan normal luput dari pantauan kita bahwa sebenarnya kita pun dapat mencoba salah satu usaha jualan sayur di rumah, usaha ini cocok buat ibu rumah tangga, apalagi jika lokasi pasar sangat jauh dengan lokasi tempat tinggal maka ini bisa menjadi usaha yang menguntungkan.

Terakhir adalah usaha jasa seperti misal bisnis foto copy, jasa persewaan komputer, jasa antar jemput anak sekolahan atau karyawan, usaha laundry rumahan, usaha les privat buat anak sekolah, usaha cuci motor atau mobil, usaha pengurusan STNK, usaha agen tiket pesawat, usaha loket pembayaran PLN & PDAM, usaha makelar properti rumah atau tanah adalah beberapa jenis usaha menguntungkan yang cocok buat ibu rumah tangga, karyawan atau para pelajar atau mahasiswa. 

Itulah contoh garis besar bisnis mudah dengan modal kecil yang bisa dipilih dan dijalankan sesuai dengan kondisi Anda. Sebaiknya sebelum memulai dan menjalankan bisnis di rumah, walau pun skalanya kecil-kecilan, maka buatlah persiapan atau perencanaan matang sebelum benar-benar menjalankannya. Misalnya soal pengaturan waktu harus diperhitungkan dengan cermat agar tidak terjadi kekacauan saat menjalankan usaha tersebut dan urusan mengurus rumah tangga. Saya yakin, bahwa tidak ada yang tidak bisa dilakukan termasuk saat mencoba menjalankan usaha sendiri di rumah apalagi jika ada kemauan dan kerja keras maka pastilah bisnis apapun dapat memberikan keuntungan buat para pelakunya.