Peluang Usaha Rumahan Aneka Ternak Di Desa Yang Menguntungkan

Peluang usaha rumahan apa yang paling menguntungkan saat ini? Jawabannya ada bermacam-macam mulai dari bisnis dengan modal kecil seperti bisnis waralaba, bisnis online dan segala usaha jasa yg biasanya dijalankan ibu rumah tangga di rumah atau karyawan di waktu senggang. Namun pada kesempatan saat ini, kami ingin membagi informasi seputar usaha rumahan di desa yg mungkin dapat dijadikan ide bisnis menguntungkan walaupun modalnya tidak bisa dibilang kecil. Peluang usaha aneka ternak memang kurang ideal dilakukan di daerah perumahan di kota-kota besar karena usaha peternakan menimbulkan polusi seperti bau dll. Oleh karena itu, memang usaha rumahan dengan beternak sebaiknya dijalankan di daerah pedesaan atau bila memungkinkan di pinggiran kota.

Aneka Ternak Paling Menguntungkan Saat Ini - Peluang Usaha Rumahan di Desa

Ternak Kambing Etawa

Kambing Etawa adalah salah satu jenis kambing yang paling ramai diternak dan dikembangkan, terutama di desa-desa Indonesia. Jika dirunut dari awal mula dan sejarah kambing ini, kambing etawa berasal dari daerah Etawah, Utar Prades. Banyak ditemukan di daerah yang hijau di sekitaran sungai. Selain dipanggil etawa kambing ini juga bisa disebut sebagai kambing jamnapari, nama asal kambing ini diambil dari negara asalnya pula, yaitu India. Kambing etawa banyak dikenal dan dijadikan sebagai ternak kambing utama karena bentuk badan yang kokoh tinggi dan leher yang kuat dan sedikit memanjang. Bentuk dan struktur tubuh hewan ini  hampir sama dengan kambing pada umumnya, namun warnanya adalah putih bersih bulunya pendek kecuali bagian paha kepala sama seperti kambing biasa namun bagian hidungnya condong ke bawah dengan tanduk yang menghadap ke atas. Telinga panjang melambai ke bawah, ekornya pendek. Ciri-ciri kambing etawa yang lain yaitu tingginya bisa mencapai lebih dari satu meter dan berat mencapai 100 kg. Betina lebih pendek dan lebih ringan. Kambing Etawa Super ramai dipelihara untuk diikutkan kontes dan diambil susunya. 

Adapun jenis kambing Etawa ada 3 yang dikembangkan di Indonesia yaitu kambing etawa senduro adalah kambing etawa putih bersih yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur. kambing etawa Senduro dikembangbiakkan dan mempunyai nama tersendiri di hati para penggemar kambing. Tubuhnya yang besar banyak dikagumi, dan kantong kapur yang besar membuat kambing ini menjadi andalan dalam produksi susu secara maksimal. Jenis kedua ialah kambing etawa Kaligesing yaitu persilangan kambing Etawa asal India dengan kambing lokal. Dan pertama kali dikembang biakkan di daerah Purworejo, tepatnya di desa Kaligesing. Ciri - cirinya hampir sama dengan kambing etawa asli. Namun perbedaan adalah pada warna bulunya yang sangat beragam. Mulai dari coklat, hitam, bercak/dalmation dan warna belang. Bulunya yang lebat dan lembut membuat para peternak kambing ogah untuk menyembelih dan diambil dagingnya. Kambing Kaligesing juga merupakan kambing berkualitas yang banyak dipelihara sebagai koleksi saja. Dan terakhir jenis Kambing Etawa Super adalah kambing kontes yang memiliki fisik jauh diatas kambing rata-rata. Kambing jenis ini yang paling enak dipelihara dan memiliki harga jual yang tinggi. Untuk menjualnya pun lebih mudah daripada kambing yang kualitasnya biasa saja. Para penggemar kambing etawa berkualitas bahkan rela merogoh kocek dalam demi mendapatkan kambing yang diinginkan. Tentunya dengan hal ini harga sudah tidak menjadi masalah. Namun yang menjadi masalah adalah jarang sekali orang yang mau melepaskan kambing etawa super milik mereka. Akhirnya, dengan diadakannya kontes barulah pemilik dan pembeli dapat bertransaksi. Harga kambing jenis ini sangatlah bagus karena bisa mencapai nominal puluhan juta rupiah.


Ternak Itik (Bebek)

Siapa yang tidak kenal itik atau bebek, kalau di kota besar biasanya orang lebih mengenal bebek goreng dan mereka tidak tahu cara memeliharanya. Sejurus dengan ini, bisnis ternak itik atau bebek sangatlah menjanjikan karena tingkat permintaan yg selalu mengalami peningkatan setiap tahun. Selain diambil dagingnya, itik unggul juga biasa diambil telurnya karena telur itik terkenal akan khasiatnya. Ada pula yang menjadikan itik sebagai hewan koleksi karena keindahan bulu itik tersebut. Oleh sebab itu, ternak bebek kami unggah buat informasi tambahan seputar peluang usaha rumahan di desa yang paling menguntungkan saat ini.

Itik petelur bukanlah hewan yang asing bagi sebagian masyarakat kita, terutama di daerah pedesaan. Bahkan di beberapa daerah di Jawa, menjadikan ternak itik petelur sebagai mata pencaharian utama. Bukan isapan jempol belaka, keuntungan yang didapatkan sangat menggiurkan sehingga banyak orang tidak lagi takut berkotor-kotor demi mendapatkan pundi - pundi rupiah. Tidak sulit untuk mencari orang yang tahu bagaimana cara budidaya itik petelur. Intinya kesabaran dan tekad yang kuat sangat diperlukan, karena berbeda dengan jenis pedaging yang dilihat dari ukuran, itik petelur wajib kita pantau gizi dan produksi nya secara berkala, bahkan hampir setiap hari.

Ternak Ikan Lele

Beternak ikan lele merupakan salah satu usaha rumahan yang menguntungkan baik untuk peternak yang ada di desa maupun orang yg tinggal di daerah perkotaan. Karena tidak ada dampak polusi terhadap lingkungan sekitarnya maka ternak ikan lele lebih mudah dan sangat diminati oleh pelaku usaha dimanapun. Selain bisa dijual dagingnya ketika panen maka untuk seorang wirausahawan yg memiliki modal cukup besar dapat mengembangkan tempat pemancingan khusus ikan lele dimana tempat seperti ini akan ramai dikunjungi di saat liburan atau hari sabtu minggu. Dan yang paling populer saat ini mengenai cara ternak ikan lele adalah dengan memakai terpal. Penggunaan kolam terpal sangat tepat untuk tempat dengan lahan yang sempit, tanah berpasir, dan cuaca tidak teratur. Selain itu, keuntungan penggunaan kolam terpal untuk ternak lele antara lain praktis dan mudah dibuat, biaya lebih murah, dapat menghindari pencemaran oleh tanah, lebih tahan pada faktor alam, fleksibel dan mudah dibersihkan, lebih mudah mengontrol terhadap suhu, kualitas, dan kuantitas air.

Ternak Burung Kenari

Salah satu jenis usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa dikembangkan tidak saja di kota besar namun di desa pun bisa dilakukan adalah beternak burung Kenari. Burung ini bentuknya kecil namun memiliki warna bulu beraneka macam dan mempunyai suaru kicauan yg indah. Dari tahun ke tahun, meskipun kecil, namun ada peningkatan jumlah penggemar burung kicau dan salah satunya adalah Kenari. Oleh sebab itu, belajar tentang bagaimana cara pembudidayaan burung Kenari untuk diternakkan akan sangat menguntungkan.

Sebenarnya masih banyak sekali jenis peluang usaha rumahan di desa yg menguntungkan tapi menurut hemat kami, apa yg kami sajikan di atas merupakan beberapa jenis usaha ternak menguntungkan saat ini. Selamat berbisnis! [Sumber asli: www.usahaternak.com].