Contoh Bisnis Modal Kecil Yang Mudah Ditiru

Mungkin pembaca saat ini sedang mencari ide peluang usaha modal kecil yg cocok buat kerja sampingan di rumah? Jika jawabannya YA, maka ijinkanlah dalam kesempatan kali ini, kami ingin memberikan beberapa contoh usaha kecil untung besar yang telah sukses memberikan penghasilan buat pelaku usaha tersebut.

Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan Modal Kecil

Semakin susahnya para lulusan sekolah umum yang mencari kerja di sektor formal oleh sebab tingkat pertumbuhan lapangan kerja yang tidak sesuai dengan jumlah pertumbuhan angkatan kerja baru adalah sebuah ancaman nyata adanya gelombang pengangguran. Salah satu solusi terbaik untuk membuka peluang mendapatkan uang adalah dengan cara mencari peluang bisnis tanpa modal besar atau usaha di rumah sendiri. Dan memang kenyataannya saat ini, makin hari makin tambah banyak para pemula yang lebih cenderung mencoba peluang bisnis dirumah daripada harus menunggu terbukanya lapangan kerja yg cocok buat mereka.

Contoh Pekerjaan di Rumah Tanpa Modal Besar Yang Sukses Dikembangkan Oleh Wirausahawan Muda


Nah, di bawah ini adalah beberapa contoh pelaku usaha bisnis kreatif dengan modal kecil yg sudah sukses merintis bisnisnya mulai dari kecil sampai mampu memperkerjakan orang lain sebagai karyawannya.

Peluang Bisnis Waralaba Makanan Modal Kecil


Tawaran kemitraan makanan olahan ayam masih terus bermunculan. Satu lagi tawaran datang dari Taul Rei Wijaya (38) yang mengusung merek Gokil Chicken di Tangerang, Banten. Merintis usaha sejak 2013, Rei resmi menawarkan kemitraan Juni 2014. Dalam kerjasama kemitraan ini, Gokil Chicken menawarkan paket investasi sebesar Rp 5 juta. Dengan investasi tersebut, mitra akan mendapat sejumlah perlengkapan usaha, seperti gerobak etalase, alat pemanas, peralatan masak, media promosi, wadah makanan, dan bahan baku awal. Gokil Chicken menawarkan menu olahan ayam goreng dan ayam bakar. "Ada tiga pilihan rasa yang kami namakan dengan sebutan Adroid, BBQ, dan Galaxy gar terkesan unik," katanya. Jika tertarik untuk mencoba bisnis ini, maka silahkan hubungi Jalan Surya Darma no 57, telepon 021 9797 6277 atau 0817 853 165, Tangerang, Banten Indonesia.

Sukses Menjalankan Usaha di Rumah Tanpa Modal Besar Dari Limbah Kotak Susu


Contoh Bisnis Modal Kecil Yang Sukses

Sejak empat tahun lalu, Wahyuning Widowati menekuni usaha pembuatan mainan anak dari limbah kotak susu. Usaha ini ditekuni di bawah bendera usaha Omah KenKen di Cipayung, Jakarta Timur. Aktivitas ini berawal saat Nuning melihat banyaknya limbah kotak susu tak terpakai. Di rumahnya, Nuning kerap membuang kotak susu dalam jumlah banyak. Kebetulan ia memiliki anak kecil yang masih rutin meminum susu. "Dari situ saya lalu kepikiran untuk memanfaatkannya," ujar wanita 37 tahun ini. Awalnya, dia membuat celengan dari kotak susu. Celengan kotak susu itu dipakai sebagai sarana melatih anaknya agar gemar menabung. Celengan bikinannya ternyata banyak disukai teman bermain anaknya.

Nah, dari situ dia lalu kepikiran untuk membuat mainan anak lainnya. Di tangan kreatifnya, kini limbah kotak susu itu diolah menjadi aneka mainan anak."Awal merintis usaha, semua masih saya kerjakan di rumah dengan modal tidak sampai Rp 500.000," ujarnya. Selain dari rumahnya sendiri, Nuning kini banyak mendapat pasokan limbah kotak susu dari kerabat, teman, dan tetangga sekitarnya. Setiap hari, ada saja orang yang mengantarkan kotak susu ke tempatnya. Untuk celengan ukuran kecil, misalnya, dihargai sekitar Rp 15.000. Sementara harga mainan mobil dibanderol Rp 40.000. Dalam sebulan, Nuning bisa mendapatkan omzet minimal Rp 5 juta. Ada pun laba bersihnya sekitar 30% dari omzet. Nah, cukup menarik bukan bisnis modal kecil seperti ini? Hanya membutuhkan kreativitas dan kejelian dalam membaca kebutuhan pasar.

Usaha Rumahan Jasa Cuci Motor Merupakan Salah Satu Cara Cari Duit Sampingan Tanpa Modal Yang Besar


Peluang bisnis jasa pencucian motor masih menjanjikan. Tingginya jumlah kendaraan bermotor membuat jasa ini banyak dicari orang. Peluang itulah yang ditangkap Iwan Pamungkas dengan mendirikan Steam Wash Motor BIMC di Bekasi, Jawa Barat. Merintis bisnis sejak tahun lalu, kini Iwan menawarkan kemitraan dengan paket investasi sebesar Rp 12 juta. Sampai saat ini sudah ada satu mitra usaha di Duren Sawit, Jakarta Timur, yang bergabung dengannya. "Cabang milik sendiri sudah ada tiga di Bekasi," ujar Iwan. Tarif jasa cuci motor dibedakan berdasarkan jenis motor. Biaya cuci motor bebek dan skuter adalah Rp 10.000, sedangkan motor besar dikenakan Rp 12.000.

Cari Duit Sampingan Tanpa Modal

Menurut Iwan, dari pengalaman menjalankan usaha rumahan dengan modal kecil untung besar ini, satu gerai bisa menjaring minimal 30 konsumen/hari. Dari situ mitra bisa mengantongi omzet kotor minimal Rp 9 juta per bulan. Menurut Iwan, biaya operasional terbesar habis buat membayar tukang cuci. Penggajiannya berdasarkan sistem bagi hasil, dengan porsi 60 persen buat pemilik dan sisanya buat tukang cuci. Dengan sistem ini, biaya buat tukang cuci motor berkisar Rp 3,6 juta per bulan. Menurut Iwan, minimal satu gerai mempekerjakan dua tukang cuci. Selain tenaga kerja, juga perlu menyiapkan biaya operasional buat pembelian sampo.

Harga satu sebotol sampo dibanderol Rp 12.000 dan dapat digunakan untuk mencuci 40 motor. Biaya pembelian sampo dalam sebulan sekitar Rp 270.000. Jadi, ditambah biaya sewa tempat, listrik dan air, maka total biaya operasional sebulan mencapai Rp 5.570.000. Sehingga, laba bersih per bulannya sekitar Rp 3.434.000. Dengan laba sebesar ini, mitra bisa balik modal sekitar empat bulan. Menurut Iwan, target ini bisa tercapai asal lokasi mitra strategis. "Kriteria lokasi strategis ini harus dilalui banyak kendaraan bermotor," kata Iwan.

Itulah beberapa contoh bisnis paling menguntungkan dengan modal kecil yang sudah sukses dijalankan oleh para wirausahawan muda Indonesia. Semoga artikel yang berkaitan dengan cara melihat peluang bisnis yang baik ini bisa menjadi inspirasi buat Anda yg butuh ide usaha modal terbatas di rumah. [sumber: tribunnews.com]