Mengenal Bisnis Waralaba Murah Meriah Agar Untung Besar

Memulai peluang usaha sampingan dengan modal kecil dari nol memang bukan perkara yang mudah. Butuh kerja keras dan jatuh bangun untuk mengembangkan usaha kecil kuliner sendiri. Namun sekarang ini, suatu usaha tidak hanya bisa dimulai dari kondisi nol. Peluang usaha makanan dengan modal kecil dengan jenis waralaba atau franchise memberi kesempatan pelaku usaha lain untuk bermitra. Tidak perlu repot memikirkan proses mendirikan usaha mulai dari awal.

Bisnis Waralaba Murah Meriah Agar Untung Besar

Peluang bisnis tanpa modal besar berjenis waralaba, banyak memberikan kemudahan karena biasanya sudah ada standar operasionalnya. Pembeli franchise hanya butuh mencari lokasi yang tepat serta karyawan. Hasilnya ongkos produksi bisa sangat ditekan. Permasalahan utama adalah modal. Franchise tertentu terkadang membutuhkan modal hingga miliaran rupiah. Namun saat ini sudah banyak waralaba-waralaba lokal yang menawarkan bisnis waralaba murah.

Waralaba lokal umumnya bergelut di bidang makanan dan minuman. Kenapa makanan dan minuman? Secara logika, manusia butuh makan dan minum. Bisnis makanan dan minuman banyak memberikan pilihan kuliner untuk dinikmati banyak orang. Oleh karena itu banyak bermunculan wirausahawan-wirausahawan muda yang mengembangkan usaha kecil kuliner.

Banyak yang kemudian usahanya dikembangkan menjadi bisnis franchise. Banyaknya pilihan waralaba murah dibawah 10 juta yang tidak terlalu besar modalnya, membuat bisnis ini digemari dan menjadi alasan orang untuk berbisnis sendiri.

Bagaimana cara memilih peluang usaha yang menguntungkan dengan modal kecil?


  • Pilih waralaba yang sudah teruji kredibilitasnya. Jangan memilih asal-asalan meskipun modal yang ditawarkan sangat murah. Cari yang namanya sudah familiar di masyarakat. Kredibilitas atau citra produk sangatlah penting untuk menarik konsumen.
  • Pastikan izin usaha franchise legal. Artinya ijin usahanya jelas serta produknya dapat dipertanggungjawabkan. Untuk usaha makanan dan minuman, pastikan bahan yang digunakan sehat dan halal. Jangan sampai nantinya usaha yang dikembangkan harus gulung tikar akibat kasus hukum.
  • Gali informasi dan kenali franchisor atau sang pemilik franchise. Bagaimana reputasinya dan bagaimana dia mengawali usaha. Cara dia memulai usaha mungkin dapat menjadi masukan untuk mengembangkan usaha anda.
  • Pilih lokasi yang tepat dan strategis. Pemilihan lokasi sangat penting untuk menarik konsumen. Cari lokasi-lokasi di pusat keramaian seperti pasar, kampus, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Tempat yang strategis akan meningkatkan penjualan sehingga omzet semakin tinggi.
  • Untuk dapat bertahan di industri franchise khususnya peluang usaha makanan dengan modal kecil, diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Merupakan tantangan tersendiri bagi pengembang usaha untuk memasarkan produknya. Pengemasan produk dapat dibuat seunik mungkin untuk memikat pelanggan. Pasang banner bila perlu. Untuk produk makanan sebaiknya diberi keterangan harga agar konsumen tidak bingung serta dapat menyesuaikan kantong konsumen. Pemasaran juga bisa dilakukan secara online. Gunakan sosial media untuk memasarkan produk anda. Media sosial menjadi media yang baik untuk mempromosikan produk anda karena tidak dipungut biaya dan lebih mudah.
Kunci kesuksesan dalam mengembangkan franchise bisnis makanan adalah pemilihan produk atau brand yang akan dipasarkan serta lokasi usaha. Jika bikin usaha modal kecil dengan lokasi yang sangat strategis membuat peluang pemasaran semakin tinggi karena mudah dijangkau konsumen dari berbagai lokasi.

Pemilihan macam usaha waralaba akan berpengaruh pada pilihan konsumen. Konsumen cenderung menyukai produk usaha makanan terlaris yang sudah dikenal sebelumnya. Yang perlu tetap diingat adalah jangan pernah menyerah dan putus asa. Beberapa usaha kadang memang kadang susah cari duit dan rugi. Namun dengan tekad yang kuat, keuntungan akan menghampiri bisnis waralaba makanan modal kecil Anda.