Contoh Wirausaha Modal Kecil Untung Besar Buat Ibu Rumah Tangga

Apakah pengen wirausaha dengan modal kecil? Tapi tidak tahu jenis wirausaha modal kecil apa yang cocok dengan kemampuan keuangan atau punya modal tapi cuma kecil saja? Tentu saja semua orang ingin mendapatkan uang dengan cara paling mudah dan terbukti terpercaya menghasilkan uang buat sampingan, apalagi di waktu seperti saat ini, harga-harga kebutuhan untuk hidup seperti beras, susu buat anak, biaya pendidikan anak, dan sejenisnya dari hari ke hari bertambah besar atau tinggi. Cari kerja juga susah, karena banyak saingan atau pendidikan yang tidak memadai sehingga dapatnya mungkin hanya karyawan kelas rendahan saja. Wuih, susah ya jadi orang ga mampu itu?

Wirausaha Makanan Paling Cocok Buat Ibu Rumah Tangga

Betul sekali, untuk memulai sebuah usaha di rumah maka janganlah takut mencoba. Contoh misalnya, jika tidak memiliki cukup modal maka membuka usaha kecil di rumah dengan berjualan makanan bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, karyawan atau mahasiswa yang memiliki waktu luang. Meskipun modalnya kecil, tapi bisnis di bidang makanan memiliki peluang menghasilkan keuntungan lumayan. Misal saja, jika punya modal 100 ribu atau 200 ribu, maka bisa jualan gorengan di rumah. Misal saja pisang goreng, tape goreng, tahu isi, resoles, dan sebagainya. Intinya ialah memaksimalkan modal yang dimiliki sehingga dapat dikembangkan dan menguntungkan. Jualan gorengan adalah salah satu contoh wirausaha modal kecil dengan tingkat kerugian yg relatif kecil pula. Karena kalau gorengannya tidak laku maka bisa dimakan sendiri. Tapi saya pikir, tak ada ceritanya penjual gorengan rugi apalagi jika kita selalu menjaga kualitas makanannya dan harga murah maka pelanggan akan sangat senang sekali. Usaha makanan seperti ini biasanya akan mengalami peningkatan penjualan jika memasuki musim penghujan atau mendekati lebaran atau pada saat bulan puasa tiba.

Jika seorang ibu rumah tangga, mahasiswa atau karyawan memiliki modal buat buka bisnis sedikit lebih besar misalnya antara 3 juta ke atas maka cobalah mencari kumpulan wirausaha modal kecil dari bisnis waralaba. Waralaba modal mulai 3 jutaan ada banyak jenisnya namun sebagian besar bergerak dalam bidang kuliner seperti contoh waralaba minuman teh, waralaba martabak manis, franchise juice buah dan sebagainya. Keuntungan dengan menjadi mitra bisnis franchise ini antara lain kita tidak perlu susah-susah memikirkan apa yang mau dijual atau bagaimana cara menjalankan bisnis kecil tersebut karena biasanya pemilik waralaba memberikan pelatihan khusus buat mitranya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan bergabung menjadi salah satu mitra usaha waralaba maka sebaiknya pelajari terlebih dulu dengan teliti tentang franchise tersebut misalnya pilihlah waralaba yang sudah beroperasi setidaknya selama 5 tahun karena dengan rentang waktu tersebut kemampuan menghadapi persaingan di bisnis tersebut sudah teruji.

Kunci Sukses Wirausaha Modal Kecil Untung Besar

Contoh Wirausaha Modal Kecil Untung Besar Buat Ibu Rumah Tangga
Kesuksesan adalah hak setiap orang, mungkin kalimat ini pernah kita dengar. Saya yakin, bahwa setiap pengusaha yang sukses dalam menjalankan bisnisnya, memiliki konsep berpikir bahwa usaha yang dijalankannya pasti akan menghasilkan keuntungan sehingga dia mengerahkan segala daya untuk mewujudkannya. Nah, apa saja yang harus dimiliki oleh seorang calon pengusaha, walau hanya punya modal kecil saja, agar bisnis rumahannya bisa berkembang dan sukses. Berikut adalah acuannya:
  • Pola berpikir atau populer disebut dengan mindset adalah kunci utama dan paling penting ketika menjadi seorang wirausahawan. Ingat, cara berpikir wirausahawan sama sekali berbeda dengan cara berpikir seorang karyawan. Pengusaha dituntut kreatif dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.
  • Modal bukanlah hal utama, jika mau menjadi pengusaha sukses maka tidak memiliki uang bukan menjadi penghalang untuk menjalankan bisnis. Buat para pengusaha, uang hanyalah sarana dan bukan faktor penentu sukses tidaknya sebuah bisnis. Mereka akan mencari cara untuk menggapai cita-citanya dan memiliki komitmen kuat untuk mwujudkannya.
  • Kerja keras menjadi kegiatan sehari-hari para pengusaha. Jadi bila ingin maju dan sukses maka satu-satunya jalan adalah dengan bekerja keras. Tidak ada kata malas, tidak kenal putus asa, menyukai persaingan merupakan bumbu penyedap ketika menjalankan usaha. Bila menemui hambatan atau tantangan maka mereka dengan bersemangat mencari jalan keluarnya. Inilah yang disebut dengan jiwa pengusaha.
Dari mulai mencari ide wirausaha modal kecil, beberapa contoh bisnis kecil dan tips agar sukses menjalankan usaha di atas semoga dapat memberikan inspirasi buat pembaca. Tak ada gading yang tak retak maka demikian pula tulisan ini memang sangatlah jauh dari kesempurnaan tapi mudah-mudahan bisa bermanfaat buat karyawan, atau ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha sendiri di rumah.