Cara Memulai Usaha Sendiri Untuk Pemula - Tips Cari Uang

Memulai usaha sendiri buat sebagian orang, misalnya seorang ibu rumah tangga ingin coba usaha makanan terlaris atau mahasiswa ingin tahu cara berbisnis melalui internet atau bagaimana menghasilkan uang untuk biaya kuliah cepat dsb, maka akan sangat membingungkan karena memang pada dasarnya menjadi seorang wirausahawan memang tidaklah mudah.
Tahun 2016 ini adalah tahun terbaik buat para pemula yg ingin mencari peluang mendapatkan uang dengan cara misalnya bekerja online di rumah. Ide cari duit halal dengan usaha sendiri di rumah memang sangat bagus untuk menambah penghasilan sekaligus juga buat tabungan atau investasi di hari tua atau keperluan lainnya.

Umumnya para pemula merasakan susah cari duit karena belum menemukan sebuah peluang usaha yang menguntungkan dengan modal kecil yg cocok buat sampingan. Mereka suka bertanya pada diri sendiri dengan pertanyaan mendasar, “Mau usaha apa?”.

Cara Memulai Usaha Sendiri Untuk Pemula

Nah, apakah pembaca ialah salah seorang dari pemula yg bingung mencari cara mudah berbisnis dengan modal kecil tapi menguntungkan dan mudah dilakukan? Pada kesempatan kali ini, kami ingin memberikan tips cari uang yang mudah dilakukan. Tujuannya supaya Anda bisa menemukan pekerjaan di rumah tanpa modal yang besar dan menguntungkan.

Apa Saja Kebutuhan Dasar Saat Akan Memulai Usaha Sendiri?


Sebagian besar pemula atau orang yg baru pertama kali akan mulai kerja sampingan di rumah tanpa modal selalu disibukkan dengan persoalan uang. Modal uang buat mereka adalah segala-galanya sehingga dan saat kebutuhan modal suatu usaha dinilainya terlalu besar dan mereka tidak cukup memiliki modal tersebut maka urunglah niatnya untuk mencoba cari kerja sampingan seperti yang ingin ditekuninya. Namun apakah benar, modal adalah alasan utama sehingga bisa menjamin suatu contoh usaha kecil akan lancar dan sukses ketika ditopang dengan modal yang besar? Jawabannya bisa YA dan TIDAK.

Dasar Utama Menjadi Seorang Wirausaha


Baiklah, jika modal bisa menentukan keberhasilan sebuah usaha di satu sisi namun di sisi lain sebuah usaha kreatif dengan modal kecil dapat berkembang dan maju walau hanya didanai dengan modal pas-pasan, maka sebenarnya apa yg harus dimiliki seorang wirausahawan pemula saat menjalankan kerja sampingan mereka sendiri? Berikut adalah 3 dasar utama yg harus dimiliki oleh setiap pemula untuk menjalankan bisnis menguntungkan baik untuk ibu rumah tangga atau karyawan sehingga menjadi usaha rumahan yang sukses, bisa bertahan, menguntungkan dan berkembang di tahun-tahun mendatang.
  1. Mindset atau pola berpikir ialah modal utama dalam bisnis yang paling menguntungkan, terserah mau usaha apapun itu! Apakah mindset itu? Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa mindset merupakan “dasar” dari segala dasar cara bisnis sukses kita, Jika tanpa cara atau pola berpikir yg benar maka mustahil seseorang dapat merasakan kesuksesan usahanya. Mindset seorang pengusaha jelas berbeda dengan pola pikir seorang karyawan. Pengusaha pasti memiliki sebuah visi jauh ke depan tentang apa yang ingin dicapainya dalam jangka 5, 10, 15 atau 20 tahun ke depan sehingga dia akan membuat rencana buka usaha kecil dulu, kemudian akan membuat rencana jangka pendek, menengah atau jangka panjang untuk mewujudkan visinya tersebut. Visi tersebut sangat berkaitan erat dengan sebuah cita-cita seperti misalnya hidup berkecukupan di masa tua, atau memiliki aset properti, atau punya memiliki usaha yg mapan sehingga bisa diwariskan kepada anak/cucu dan cita-cita (impian) lainnya. Berbeda dengan pengusaha maka seorang karyawan pada umumnya tidak memiliki visi yg “tinggi”, karyawan terbiasa dengan pola pikir dan kerja yang statis dan berulang setiap harinya. Masuk kerja jam 8 pagi, pulang jam 4 sore dan melakukan pekerjaan sama setiap hari. Karyawan terpaku dalam kegiatan kerja monoton sehingga tidak bisa mengembangkan diri dan menggali potensi alaminya sehingga tak sedikit menyesali diri di masa tuanya karena tidak mencoba untuk menjadi seorang pengusaha di masa mudanya.
  2. Pengetahuan atau keahlian merupakan dasar kedua yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Sangat mustahil seseorang pemula dapat menjalankan dan mengembangkan bisnisnya jika dia tidak memiliki keahlian atau pengetahuan tertentu yg berhubungan dengan usaha tersebut. Seorang pengusaha memiliki jiwa mau “belajar” untuk meningkatkan pengetahuan / keahliannya dan itu membutuhkan waktu. Dalam proses belajar itulah terjadi transformasi nilai dimana dulu tidak mengerti sekarang menjadi mengerti atau dahulu tidak bisa sekarang menjadi bisa. Ambil contoh jika Anda berminat membuka usaha jual bakso maka tentunya harus menguasai cara membuat bakso yang enak, membuat kuah bakso yg sedap dan sebagainya. Jika belum memiliki pengetahuan atau keahlian seperti itu, maka tentu kita akan berusaha mencari tahu bagaimana cara membuat bakso yang enak, bukan? Proses menjadi ahli membuat bakso itulah yang harus dilalui oleh siapa saja bila ingin menjalankan bisnis bakso. Dan jika bakso dagangannya sudah banyak konsumennya maka sebagai seorang pengusaha sejati maka dia akan berusaha untuk mengembangkan usaha tersebut sehingga menjadi lebih besar lagi misalnya dengan membuka cabang di tempat lain. Membuka cabang di tempat lain itu juga bukanlah keahlian yang sekali jadi namun perlu juga dipelajari. Oleh karena itulah, seorang pengusaha sukses pasti selalu sangat ingin menambah pengetahuan atau keahliannya sehingga usahanya bisa bertambah maju dan berkembang.
  3. Kerja keras adalah “napas” seorang pengusaha. Usaha apapun bentuknya, tak akan dapat bertahan dan berkembang tanpa adanya kerja keras. Anda bisa melihat atau membaca kisah sukses para wirausahawan dan kerja keras pasti ada dalam kamus sehari-hari mereka. Siang malam, para pengusaha itu akan selalu memikirkan cara bagaimana mengembangkan bisnis yang mereka geluti. Jika hari ini gagal maka mereka yakin beberapa saat kemudian usahanya psti akan berhasil menuai keuntungan seperti harapannya. Pengusaha sukses tak kenal istilah putus asa dan patah semangat, mereka menyukai tantangan, mereka siap menghadapi tantangan dan mereka memiliki keyakinan dapat mengatasi tantangan dalam menjalankan bisnisnya. Jam kerja seorang pengusaha lebih panjang dari jam kerja seorang karyawan, itu sudah jelas karena mereka menggantungkan kelangsungan hidup keluarganya di bisnis yg dijalaninya.Jika usaha kecil yang ditekuninya sampai gagal atau bangkrut maka nasib keluarganya menjadi tidak pasti.
Nah, itulah pedoman dasar tentang cara memulai usaha kecil sendiri, sebaiknya seorang pemula dapat memahami dan mengerti bagaimana menghasilkan uang, menjalankan dan mengembangkan usaha sendiri. Saya yakin, apapun cara mencari uang yang sedang akan Anda lakukan, maka tidak bisa lepas dari ketiga hal dasar penting tersebut di atas.