8 Rahasia Sukses Pengusaha Yang Perlu Diketahui Para Pemula

Apakah Anda sudah menjalankan usaha kecil atau sedang mencari bisnis paling menguntungkan dengan modal kecil untuk dirintis menjadi peluang bisnis dirumah, namun masih ragu apakah bisa sukses ketika serius menjalankannya?

Rahasia sukses pengusaha hasil cuplikan dari majalah Forbes berikut ini mungkin dapat membantu memberi ide peluang usaha modal kecil yang memadai tentang kiat para pengusaha menekuni bisnis mereka sehingga bisa menjadi sukses dan menguntungkan.

Secara garis besar, pola  pemikiran para pengusaha sangatlah berbeda dengan pola berpikir karyawan, berbeda di sini bisa dikategorikan sebagai “aneh” namun justru dari keanehan itu menjadikan sesuatu yang istimewa.

Nah, berikut ini akan coba dikupas apa saja rahasia seorang pengusaha mendirikan usaha sehingga memperoleh keberhasilan.

8 Rahasia Sukses Pengusaha Yang Perlu Diketahui

8 Cara Mudah Berbisnis Dengan Modal Kecil


  • Pola Berpikir dan Bertindak para pengusaha jika diamati memiliki pola istimewa dan bahkan cenderung aneh. Sebagian besar mereka sebenarnya memiliki pola berpikir sama yaitu dengan memakai format Belajar, Bertindak, Membangun dan Mengulangi. Seorang pengusaha yg menekuni bisnis dengan tingkat resiko tinggi seperti usaha trading, kelihatan memiliki pola tidak pasti namun sebenarnya mereka bertindak atau melakukan bisnis dengan cara belajar dari pengalaman dan mencoba mengulang kembali dengan konsep baru.

  • Prioritaskan Kebutuhan Konsumen adalah salah satu rahasia bisnis banyak pengusaha di bidang apapun, barang maupun jasa. Memiliki ide untuk menjual sebuah barang tertentu atau membuka usaha tertentu mungkin akan sangat mudah dilakukan, bahkan mungkin banyak sekali ide usaha muncul. Namun masalahnya, apakah barang atau jasa tersebut ada yang membutuhkan? Apakah ada orang atau konsumen membeli atau memakai jasa itu? Meski produk atau jasa belum terwujud namun bila ada pangsa pasarnya maka paling tidak Anda sudah punya target komsumen sendiri.

  • Ingin Cepat Kaya sebaiknya dihindari jauh-jauh karena hal itu akan membuat tidak fokus terhadap usaha yang sedang dijalani. Kekayaan menurut para pengusaha sukses adalah hasil dari kerja keras dan ketekunan dalam menjalankan bisnis.

  • Cara Pemasaran Berbeda bisa diterapkan walau mungkin sangat beresiko dan mengandung spekulasi yang tinggi. Misalnya jika pengusaha lain memasarkan dengan cara “berkiblat ke arah barat” maka kita mencoba dengan “kiblat ke timur”. Hal ini memang beresiko namun kemungkinan mendapatkan keuntungan juga sangat terbuka karena gaya pemasaran yang unik. Tindakan spekulasi seperti ini, jika tidak mau rugi banyak, maka harus diikuti dengan tindakan realistis, penuh perhitungan dan tidak cerobah atau asal-asalan.

  • Memulai dengan modal kecil merupakan tindakan bijaksana dan ini merupakan salah satu kunci rahasia sukses pengusaha, apalagi buat para pemula yang baru memulai sebuah usaha dimana sebelumnya tidak pernah melakukan bisnis sama sekali. Menggelontorkan bisnis dengan modal besar adalah langkah kurang tepat karena kita belum tahu persentase keuntungan akibat adanya persaingan usaha. Namun jika dimulai dengan modal kecil maka pada tahap berikutnya dapat memperkuat usaha dengan modal lebih besar karena sudah memahami kondisi pasar dan tingkat persaingan bisnis sehingga akan lebih mudah memperoleh keuntungan lebih besar.

  • Rekrut karyawan adalah salah satu jawaban agar usaha menjadi lebih besar. Bekerja sendirian tidak lagi efektif jika ingin meningkatkan keuntungan bisnis karena Anda akan kehabisan energi. Bukankah lebih ringan mengangkat beban seberat 25 kg oleh 2 atau 3 orang jika dibandingkan harus mengangkatnya sendiri, bukan? Prinsip pendelegasian kerja seperti itulah yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha bila mau mengembangkan bisnis.

  • Menghargai kemampuan sendiri adalah sikap mental yang perlu dipupuk setiap saat agar memiliki kekuatan saat menjalankan bisnis. Wujud dari sikap mental bahwa saya “mampu” bisa terlihat dari tindakan tetap fokus terhadap upaya-upaya terbaik yang bisa dilakukan saat menjalankan bisnis rumahan.

  • Hambatan adalah aset penting dalam bisnis. Rahasia sukses pengusaha selalu memiliki pola berpikir bahwa hambatan apapun dalam usaha mereka bukanlah faktor yang dapat melemahkan jiwa wirausaha mereka namun justru dari hambatan tersebut bisa dijadikan aset untuk lebih memperkuat naluri mengembangkan usaha. Menerima segala hambatan sebagai aset yang berharga bisa membuat bisnis Anda semakin lancar. Hal ini karena Anda akan fokus pada masalah dan berupaya mengatasinya, bukan menghindarinya seperti yang biasa dilakukan banyak orang.



Itulah beberapa patokan umum mencari peluang usaha yang menguntungkan dengan modal kecil dan sangat mudah dikerjakan oleh setiap para pemula yang ingin menegetahui bagaimana menghasilkan uang di rumah. Kunci kesuksesan seorang pengusaha ternyata tidak harus ditentukan dengan kepemilikan modal besar namun ada banyak sisi bisnis lain yg harus diketahui oleh seluruh wirausahawan pemula. Diatas adalah video kisah sukses pengusaha restoran yg merintis bisnis waralaba makanan modal kecil hingga sukses.