Ciri Wirausahawan Sejati - Apakah Anda Memilikinya?

Menjadi seorang wirausaha sukses mungkin pernah terlintas di benak kita. Namun nyatanya tak mudah untuk menggeluti sebuah usaha sendiri, mencari ide, menjalankan dan merawat bisnis tersebut sehingga mencapai sebuah kesuksesan. Pengusaha adalah sekelompok orang yg memiliki keunikan tersendiri.  Mereka tidak saja hanya memiliki cara berpikir berbeda namun tindakannya pun juga sangat beda dgn kebanyakan orang. Umumnya para wirausahawan yang sukses memanfaatkan sifat, kepribadian, kebiasaan dan memiliki pola pikir yang tergabung menjadi satu sehingga sangat sulit membedakan antara kejeniusan dan “kegilaan”. Namun bila Anda bertanya sebenarnya apa syarat-syarat menjadi seorang pengusaha? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, di bawah ini kami memberikan ciri-ciri yg umumnya dimiliki oleh seorang wirausahawan sukses. Jika Anda memiliki beberapa sifat seperti penjelasan ini, maka itu adalah pertanda bahwa sebenarnya kita memiliki mental seorang wirausahawan.

Ciri dan Sifat Alami Seorang Wirausaha Sukses

  1. Seorang pengusaha yg sukses biasanya adalah keturunan dari orang tua yg tidak pernah menjadi “karyawan” orang lain. Orang tuanya memiliki usaha sendiri, meskipun itu tidak berlaku secara umum namun sebagian besar seorang pengusaha sukses di Indonesia berasal dari keluarga dimana salah satu atau kedua orang tuanya adalah seorang wirausahawan juga.
  2. Mereka membenci status quo . Mereka adalah orang yang selalu mempertanyakan mengapa orang melakukan pekerjaan rutin yang itu-itu saja setiap hari. Mereka berusaha membuat hal-hal yang lebih baik dan bersedia untuk mengambil tindakan atasnya.
  3. Percaya diri adalah ciri umum seorang wirausahawan. Pernahkah Anda bertemu seorang pengusaha yang pesimis atau membenci diri sendiri? Intinya, jika Anda tidak memiliki keyakinan, bagaimana bisa orang lain percaya pada Anda? Sebagian besar wirausaha sukses sangat optimis tentang segala sesuatu di sekitar mereka.
  4. Bergairah terhadap sesuatu, mereka tetap merasa “enjoy” walau telah menghabiskan banyak sekali waktu tanpa ada hasil sama sekali. Passion seperti itu yg menjadikan mereka tetap antusias terhadap bisnis mereka.
  5. Dari rasa passion tersebut, para wirausahawan dipandang orang lain sebagai pribadi yang menyenangkan karena mereka mengerjakan sesuatu dengan sangat serius dan fokus kepada tujuan.
  6. Tak kenal kata “menyerah”, seorang pengusaha yang bermimpi meraih sukses tidak akan pernah memiliki pikiran menyerah.
  7. Bersiaplah untuk “dicemburui” pasangan Anda karena sebagian besar waktu para pengusaha biasanya dihabiskan bersama rekanan usahanya daripada bersama kekasih mereka.
  8. Mereka tidak pernah selesai menyelesaikan sekolahnya seperti Bill Gates, Steve Jobs (alm.) atau Mark Zukerberg. Siapa yg tidak kenal wirausaha sukses kelas dunia tersebut?
  9. Sering kali dipecat atau tidak betah bekerja sebagai karyawan untuk waktu lama, namun jangan kuatir karena itulah bibit pengusaha yang sedang “memberontak” dalam diri Anda dan bukan karena Anda tidak mampu melakukan pekerjaan yg menjadi kewajiban di kantor. Selalu melawan atasan atau bos adalah salah satu sifat yg termasuk dalam contoh ini.
  10. Cara berpakaiannya pun terkadang praktis, mereka lebih senang memakai kaos (t-shirt) karena dinilai lebih cepat cara memakainya dan nyaman untuk kegiatan apa saja.
  11. Seorang pengusaha selalu memiliki naluri “bersaing” dan siap untuk menerima “kekalahan”, namun selalu berkeyakinan bahwa suatu saat kelak bisa berbuat lebih baik lagi.
  12. Para wirausaha sukses menganggap bahwa liburan paling menyenangkannya ialah ketika dia sedang merencanakan atau menjalankan bisnisnya tanpa gangguan apapun!
  13. Anda bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan, itu adalah sebuah hal lumrah. Namun seorang calon wirausahawan akan merasa “tertekan” bila harus menghabiskan sisa hidupnya dengan peraturan jam kerja dari 8 pagi sampai 4 sore.
  14. Anda melihat peluang usaha ada dimana-mana dan selalu merasa penasaran dengan keuntungan bisnis waralaba makanan yg ditemui dalam perjalanan ke kantor.
  15. Walau ada banyak peluang usaha dengan modal kecil di depan mata, namun biasanya seorang wirausahawan akan mempertimbangkan dengan seksama dan teliti, apakah ada pembelinya jika saya menjual produk “A” di daerah ini?
  16. Umumnya, seorang pengusaha memiliki sifat “memiliki sebuah tujuan”, “mampu mengendalikan diri” dan “seorang perfeksionis”.
  17. Wirausahawan adalah seseorang yang memiliki pemikiran logis dengan bermacam ide untuk mengatasi sebuah masalah secara menyeluruh dan tuntas.
  18. Wirausaha sukses selalu mampu memotivasi diri sendiri ketika sedang dalam keadaan terburuk dan siap menghadapi tantangan di esok hari.
  19. Mereka adalah orang yang menarik dan memiliki kharisma yang khas.
  20. Anda memiliki pola pikir di luar kebiasaan orang pada umumnya karena jika tidak demikian, apakah ada sesuatu yang berubah?
  21. Aturan umum mungkin menjadi tidak berguna menurut Anda, bukan dalam hal pelanggaran hukum, namun ada kemauan besar menciptakan sebuah aturan baru yg lebih efisien dan menguntungkan untuk bisnis kecil yang dijalankan.
  22. Selalu menyadari bahwa tidak semua hal bisa dilakukan sendiri, butuh bantuan orang lain untuk menjalankan bisnis agar lebih efisien dan menghasilkan keuntungan lebih besar.
  23. Memiliki keluarga yg mengetahui dan mendukung usaha Anda, hanya oleh karena merekalah maka seorang wirausaha sukses merasa dihargai dan diterima lingkungannya. Ini adalah sebuah dasar paling utama dalam sebuah bisnis.
  24. Merasa selalu kurang tidur karena kesibukan, karena jam tidur tidak teratur mulai jam 1 pagi sampai 6 pagi seperti kebanyakan orang pada umumnya.
  25. Selalu memiliki keyakinan bahwa waktu lebih berharga daripada uang.
Itulah ke-25 ciri dan sifat yang biasanya “dirasakan” oleh seorang pengusaha. Jika saja kita memiliki beberapa diantaranya secara bersamaan maka sebenarnya ada peluang menjadi seorang wirausahawan dalam diri kita. Tinggal bagaimana cara mengasah dan mempertajam naluri tersebut agar bisa dikonversikan menjadi seorang entrepreneur sejati. Selamat mencoba!

Video: Pengusaha Muda Sukses Berbisnis