Bisnis PPOB, Apakah Menguntungkan Buat Usaha Sampingan?

Bisnis PPOB atau Payment Point Online Bank jika dalam bahasa sehari-hari bisa diartikan secara bebas dengan sebutan Loket Pembayaran Online. Fungsi dari PPOB itu pada dasarnya untuk mempermudah pembayaran seperti misalnya tagihan listrik, PDAM, kartu kredit, angsuran atau cicilan kredit kendaraan bermotor, pembayaran TV kabel sampai penjualan pulsa baik pra bayar maupun pasca bayar pun dapat dilakukan lewat loket PPOB. Bisnis sampingan PPOB bisa dilakukan oleh siapa saja, apakah ibu rumah tangga atau karyawan yang mencari penghasilan tambahan dengan usaha rumahan seperti menjalankan loket PPOB di rumah, namun demikian perlu ketrampilan dalam menjalankan bisnis rumahan tersebut. Berminat ingin mencoba menjalankan bisnis menguntungkan atau usaha loket pembayaran online seperti ini? Yuk, kit abaca sedikit ulasan mengenai bisnis modal kecil tersebut.

Apa Saja Yang Bisa Ditransaksikan Dalam Bisnis PPOB Sebagai Usaha Rumahan

Bisnis PPOB, Apakah Menguntungkan Buat Usaha Sampingan?

Seperti dijelaskan dalam alinea awal tulisan ini bahwa loket pembayaran online atau PPOB memiliki banyak fungsi transaksi, untuk lebih jelasnya maka dapat dilihat dari rincian berikut ini.
  • Bayar Tagihan Listrik, bisa berupa pembayaran tagihan listrik bulanan dan pembelian Token PLN untuk para pelanggan pra bayar.
  • Pembayaran Tagihan PDAM juga dapat dilakukan di loket PPOB terdekat.
  • Pembayaran Telepon, pelanggan telepon fixed (telepon kantor atau rumah) dari Telkom dapat membayar tagihan telepon atau internet speedy. Atau bisa juga membeli voucher pulsa HP dan membayar pulsa HP pasca bayar.
  • Bayar Kreditan, biasanya PPOB juga melayani angsuran bulanan perusahaan pembiayaan seperti Adira Finance, ITC Multi Finance, BFI Finance Indonesia, Toyota Astra Finance, Suzuki Finance dan perusahaan pembiayaan lainnya. Sehingga para debitur tak perlu kesulitan untuk membayar angsuran kredit setiap bulannya karena aktivitas tersebut dapat dilakukan di agen PPOB terdekat dari rumahnya seperti misalnya Kantor Pos Indonesia. Selain pembayaran angsuran kredit kendaraan bermotor semacam itu, loket PPOB juga biasanya melayani cicilan pembayaran kartu kredit seperti dari ANZ, Citibank, HSBC, BII, bank Danamon dan lain-lainnya.
  • Iuran TV Kabel setiap bulan yg harus dibayar oleh para pelanggannya dapat dilakukan melalui agen PPOB. Ini merupakan langkah terobosan agar masyarakat atau konsumen dapat memiliki pilihan pembayaran saat melakukan kewajibannya dengan mudah dan cepat.

Persayaratan utama jika ingin membuka bisnis rumahan seperti PPOB adalah lokasi strategis seperti misalnya di sebuah pinggir jalan besar, memiliki tempat usaha yang reprensentatif, seperangkat komputer, sambungan internet dan juga printer. Sedangkan keuntungan dari agen PPOB diperoleh dari biaya administrasi dari setiap transaksi pembayaran dimana tarif biaya admin tersebut bervariasi mulai dari Rp. 1.600/transaksi pembayaran. Memang jika dihitung sangat kecil nilainya bila dibandingkan dengan modal yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha PPOB dan investasi untuk modal tersebut kemungkinan kembali (break event point) sangat tergantung dari jumlah transaksi yg dilakukan setiap bulannya. Semakin banyak transasksi maka kecepatan kembalinya modal usaha menjadi lebih cepat.

Peluang bisnis PPOB (Payment Point Online Bank) memang tidak dianjurkan untuk dijadikan peluang usaha utama jika Anda ingin menjalani usaha rumahan. Sebaiknya loket pembayaran online tersebut dipadukan dengan bisnis kecil lain seperti menjual minuman ringan, jasa kurir dan sebagainya. Intinya, sebuah usaha PPOB tidak dapat dijadikan usaha sampingan yang cepat balik modal karena selain keuntungannya belum dapat dipastikan setiap harinya, jumlah pesaing pun tidak sedikit dalam bisnis PPOB tersebut.