Cara Berbisnis Laundry Kiloan Agar Berpeluang Mendapatkan Uang

Mencari Uang Dengan Buka Jasa Laundry Kiloan


Tak dapat disangkal bahwa perkembangan peluang bisnis dirumah seperti jasa laundry kiloan menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Berkembangnya peluang bisnis tanpa modal besar ini tidak saja hanya terjadi di daerah urban atau perkotaan, namun di pedesaan pun bisnis ini semakin banyak diminati oleh para ibu rumah tangga yang ingin mencari usaha untuk di kampung sebagai sampingan.

Makin banyaknya para pelaku usaha laundry maka mau tidak mau akan meningkatkan persaingan diantara para pebisnis tersebut hingga akan memperkecil peluang mendapatkan uang dari bisnis ini. Nah, jika Anda seorang ibu rumah tangga yang ingin tahu bagaimana menghasilkan uang dan membuka usaha di rumah sebagai jasa laundry, maka simak beberapa tips cari uang dengan menjalankan bisnis laundry supaya sukses, berikut ini.

Tips Cari Uang Dengan Jasa Laundry Yang Perlu Diperhatikan Agar Usahanya Sukses


Lokasi Bisnis Yang Tepat. Lokasi sebagai sebuah tempat dimana bisnis laundry tersebut ingin dijalankan haruslah berada di daerah strategis. Yang dimaksud daerah strategis adalah sebuah daerah yang memungkinkan usaha laundry yg dijalankan dapat berkembang, seperti misalnya daerah dekat perguruan tinggi atau akademi. Daerah seperti ini memiliki potensi calon pelanggan yang besar sehingga peluang mendapatkan uang pun makin baik. Kebanyakan mahasiswa pendatang dari luar kota atau luar pulau lebih suka memilih kos-kosan dekat kampus sehingga kemungkinan akan terdapat calon pelanggan yang membutuhkan jasa cleaning pakaian mereka. Selain dekat kampus, daerah pemukiman atau komplek perumahan juga memiliki potensi pasar yang sangat bagus untuk bisnis cuci-cuci dan setrika ini. Sebuah keuntungan tersendiri jika para ibu rumah tangga tinggal di daerah seperti dekat kampus atau tinggal di komplek perumahan maka peluang untuk menjalankan bisnis laundry menjadi semakin mudah dilakukan karena tidak perlu repot memikirkan mencari tempat usaha karena di rumah sendiripun sebenarnya usaha laundry itu dapat dijalankan.

Cara Berbisnis Laundry Kiloan Agar Berkembang Sukses


Lakukan Survey Sederhana. Maksud dari melakukan survey ini ialah selidiki dengan seksama atau teliti, apakah ada kompetitor atau pesaing yang juga bergerak dalam bisnis yang sama. Survey atau penelitian sederhana tersebut dapat dilakukan dengan cara misalnya seberapa besar usaha pesaing tersebut, berapa mesin cuci yang dimiliki, berapa harga kiloan laundry yang dikenakan kepada para pelanggan, seberapa cepat mereka mengerjakan order pelanggan, berapa orang pekerja dalam bisnis laundry miliki pesaing dan lain-lain. Pemantauan ini amat penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan para pesaing jadi bila para ibu rumah membuka usaha laundry sendiri maka paling tidak telah memiliki “senjata” untuk merebut perhatian para pelanggan karena pelayanan yang lebih baik dan harga bersaing.

Kualitas Layanan Terbaik. Bila bisnis laundry sudah berjalan, cara untuk tetap mempertahankan jumlah pelanggan dan bahkan bila mungkin mendapatkan calon pelanggan baru harus dilakukan. Jalan satu-satunya untuk memperbesar peluang mendapatkan uang lebih banyak dari jasa laundry adalah dengan cara mempertahankan kualitas layanan dan berusaha keras untuk meningkatkan kualitas tersebut. Semakin bagus kualitas layanan maka kecenderungan untuk meningkatkan jumlah pelanggan juga akan mengikuti seiring berjalannya waktu. Anda dapat melakukan seperti misalnya menambah jumlah pekerja sehingga order laundry pelanggan dapat diselesaikan dengan lebih cepat, atau boleh juga dicoba untuk menambah jasa layanan penjemputan dan pengantaran agar pelanggan tak perlu repot-repot datang ke tempat laundry, atau bisa juga menawarkan produk pelembut atau sabun cuci yang sesuai dengan kemauan pelanggan. Hal-hal kecil semacam itu dapat dicoba dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan usaha laundry Anda.

Menjadikannya Sebagai Bisnis Waralaba. Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan usaha laundry menjadi semakin besar dan menguntungkan yaitu dengan cara menjadikannya sebagai bisnis waralaba. Memang pasti akan terbentang jalan panjang atau sebuah proses yang butuh waktu untuk menjadikan sebuah bisnis rumahan menjadi bisnis waralaba terutama jasa laundry namun bukan berarti hal seperti itu bukan tidak mungkin bisa diwujudkan. Profesionalisme total adalah salah satu kunci untuk mengembangkan bisnis laundry rumahan menjadi sebuah peluang usaha sampingan tanpa modal besar dan dapat dikerjakan oleh pihak lain sebagai rekanan kerja dengan sebuah konsep bisnis yang sama. Ingat kata pepatah bahwa tidak ada yang tidak mungkin bila ada kemauan dan tekad untuk mewujudkannya.

Jadi, beberapa hal tersebut di atas adalah beberapa tips paling mudah dan pada umumnya telah dikerjakan oleh para pelaku usaha laundry sekarang ini. Semoga tulisan tentang tips dan peluang mendapatkan uang dari jasa laundry kiloan ini dapat memberikan informasi bermanfaat buat ibu rumah tangga atau karyawan yang ingin menjalankan bisnis dengan modal murah tersebut.