Sekecil Apapun Bisnisnya, Modal Utamanya Adalah Mimpi

Memiliki sebuah bisnis di rumah dengan modal kecil mungkin adalah salah satu harapan Anda saat ini. Banyak sekali cerita sukses seorang pebisnis yang dimulai dari sebuah usaha yang sebelumnya tak pernah diduga akan berkembang menjadi besar di tahun-tahun ke depan. Kisah sukses seorang karyawan dengan toko busana muslim online yang beromzet puluhan juta sehari atau seorang ibu rumah tangga yang sukses dengan bisnis kue kering rumahan yang awalnya dimodali dengan uang yang tak terlalu besar sebagai modal awalnya. 

Memang sangat menarik membaca kisah sukses orang-orang yang mulanya adalah orang biasa, bisa seorang karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa atau seorang pemula yang berbisnis dengan mencari peluang usaha dari sesuatu yang sebelumnya tak pernah terpikirkan akan menjadi sebuah bisnis yang besar dan berkembang. Nah, sebenarnya apa saja tips agar bisa sukses ketika akan memulai, menekuni dan mengembangkan sebuah bisnis kecil, berikut adalah beberapa tipsnya.

Memiliki Mimpi. Mungkin inilah salah satu alasan terkuat saat seorang pemula ingin memulai sebuah bisnis kecil-kecilan yaitu MIMPI UNTUK PUNYA UANG BANYAK. Mereka sudah bosan dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan, bila seorang karyawan maka umumnya mereka tidak puas dengan gaji UMR yang hanya cukup biaya hidup selama sebulan. Mereka memiliki keinginan untuk dapat menikmati kehidupan yang lebih baik sehingga mencari cara untuk mendapatkan uang dari bisnis sampingan. Mimpi dapat menikmati kualitas kehidupan dengan lebih baik inilah yang akan memacunya untuk berusaha menghasilkan uang. Memiliki mimpi dan berusaha untuk mewujudkannya adalah salah satu modal utama dalam memulai sebuah bisnis yang sukses.
Sekecil Apapun Bisnisnya, Modal Utamanya Adalah Mimpi

Sikap Mental. Modal mimpi tidaklah cukup jika ingin meraih sukses jika tidak dengan sikap mental yang kuat sebagai seorang pengusaha. Cara berpikir seorang pebisnis sangatlah berbeda dengan seorang karyawan. Seorang pengusaha bekerja lebih banyak setiap harinya. Jika seorang karyawan, secara normal kerja selama 8 jam, dan jika Anda menjadi pengusaha maka jam kerjanya melebihi jam karyawan. Pengusaha akan bekerja terus dengan tidak melihat waktu lamanya dia bekerja setiap hari, tujuannya hanya satu yaitu untuk memajukan bisnis yang digelutinya. Jangan pernah berpikiran bahwa menjadi pengusaha sepertinya kok enak padahal sebenarnya mereka bekerja lebih keras dan tak mengenal waktu saat menjalankan bisnis walau masih termasuk dalam usaha kecil-kecilan.

Visi Yang Jelas. Jika ingin menggeluti secara serius sebuah bisnis sebagai tujuan utama hidup Anda maka siapapun pelaku bisnis tersebut, harus mempunyai visi yang jelas. Memiliki sebuah visi berarti mempunyai arah yang dituju dan tak kehilangan fokus untuk menuju ke sasaran tersebut. Ini yang sangat sulit dipertahankan, yaitu menuju sebuah titik yang telah menjadi visinya karena terpengaruh oleh berbagai sebab seperti misalnya tantangan atau kesulitan yg berpotensi membelokkan visi utama dalam bisnis. Jadi kuncinya ialah memiliki visi dan berusaha untuk mencapainya adalah sebuah modal utama dalam menjalankan bisnis, entah bisnis kecil-kecilan, menengah ataupun besar.

Selalu Kreatif. Berbeda dengan seorang karyawan yang memiliki keahlian khusus dan menjalankan tugas-tugas sama yang rutin setiap hari dilakukannya. Maka jika seorang ibu rumah, mahasiswa atau karyawan yang berusaha menjalankan bisnis di rumah harus memiliki ide kreatif untuk mengembangkan bisnisnya. Contoh misalnya, menciptakan model pemasaran yang lebih jitu, membuat produk menjadi lebih populer dengan mengikuti selera pasar adalah beberapa contoh tentang bagaimana seorang pebisnis harus selalu membaca selera pasar. Tanpa ide yang kreatif maka mustahil sebuah bisnis akan berjalan dan berkembang menjadi besar di kemudian hari sebab di waktu mendatang persaingan bisnis tak menjadi lebih mudah namun akan selalu dihadapkan kepada persaingan untuk merebut pasar konsumen.

Arti Kegagalan. Gagal dalam menjalankan sebuah bisnis adalah bagian yang tak terpisahkan saat Anda menjadi seorang pengusaha atau pebisnis. Bayangan kegagalan akan selalu ada dalam setiap bisnis. Namun demikian, janganlah kegagalan lantas menjadikan kita takut untuk memulai sebuah bisnis kecil di rumah karena ketakutan semacam itu akan mengaburkan visi yang telah tergambar dalam pikiran sebelumnya. Kegagalan adalah sebuah proses yang harus dilalui oleh seorang pebisnis, tak ada pengusaha sukses yang belum pernah mengalami sebuah kegagalan. Yang terpenting adalah bangkit lagi untuk berusaha memperbaiki kesalahan ketika kegagalan mendatangi bisnis kita.

Jadi, masih punya keinginan untuk menjadi seorang pebisnis? Silahkan saja untuk mencobanya dengan tetap mengingat modal-modal bukan uang yang telah disebutkan di atas. Selamat berbisnis!