Modal 1 Juta Untuk Memulai Usaha Susu Kedelai

Peluang usaha yang menguntungkan dengan modal kecil, misal bisnis modal 1jt, yang mungkin cocok dengan para ibu rumah tangga yang hobi dengan kegiatan masak memasak sangatlah banyak dan beraneka macam. Namun kali ini, kami ingin memberikan informasi seputar bisnis untuk membuat dan menjual susu kedelai yang hanya membutuhkan modal kurang dari 1 juta. Peluang bisnis di rumah dengan jualan susu kedelai memang terlihat remeh namun jika ibu-ibu rumah tangga mau menekuninya maka usaha di rumah tanpa modal besar yang menjanjikan tersebut akan sangat membantu menunjang gaji suami yang kecil.

Persiapan dan Cara Memulai Usaha Baru Dengan Modal Kecil


Secara umum tak perlu persiapan yang khusus dalam hal membuat susu kedelai karena peralatan yang dipergunakan umumnya adalah peralatan dapur yang pasti ibu rumah tangga memiliki dan memakainya untuk kegiatan membuat makanan atau masak memasak di rumah. Alat-alat tersebut antara lain:
  • Blender. Ini yang harus dimiliki sebagai modal bisnis yang sifatnya akan dipakai setiap kali membuat susu kedelai di rumah. Harga blender sangat bervariasi namun sangat dianjurkan untuk membeli blender yang memiliki kualitas bagus agar pemakaiannya dapat tahan lama. Perkiraan harga blender maksimal 500 ribu sudah dapat merek yang bagus dan awet.
  • Baskom dan Saringan. Dengan mengeluarkan modal antara 30 – 100 ribu saja maka kedua alat mengolah susu kedelai ini sudah dapat dimiliki.
  • Plastik kemasan ukuran 1 kilo kualitas bagus harga berkisar 20 – 30 ribu.
  • Kedelai 5 kg, harga maksimal 20 ribu/kilo, total 100 ribu.
  • Gula dan bahan-bahan lain sekitar 100 ribu.
  • Gas elpiji 17 ribu.

usaha minuman modal 1 juta yang menjanjikan

Bila ditotal semua alat dan bahan tersebut maka berjumlah 800 – 850 ribu saja tak sampai sejuta rupiah dan untuk modal berikutnya akan jauh lebih murah karena tak perlu lagi beli blender, jadi sekali produksi bisnis makanan modal 1 juta ini, hanya butuh modal bisnis antara 100 – 150 ribu saja. Cukup menarik bukan? Karena dengan modal segitu, ibu rumah tangga dapat mengantongi keuntungan bersih sekitar 30 – 50 ribu, wah lumayan dong ya.

Cara Bikin Susu Kedelai
  1. Merendam. Bersihkan biji kedelai dari kulitnya dan setelah itu merendamnya dalam air bersih sebanyak 1 liter atau secukupnya selama 10 – 16 jam sebelum proses lebih lanjut.
  2. Penggilingan biji kedelai. Setelah direndam selama waktu tersebut, selanjutnya menggiling biji kedelai dengan blender dan saringlah hasil gilingan tersebut untuk mendapatkan air kedelainya yang berwarna putih. Sampai di sini prosesnya sudah 75% selesai dan tinggal melanjutkan ke tahap penyelesaian.
  3. Merebus susu kedelai. Rebus air saringan kedelai tersebut selama 10 – 15 menit, dinginkan dan jadi deh. Susu kedelainya sudah siap untuk dijual dengan memakai kemasan plastik 1 kilo yang sudah disiapkan sebelumnya. Bisa juga memberi aroma rasa makanan seperti coklat, vanilla, pandan dan lainnya namun itu tidaklah mutlak.

Untuk lebih jelasnya, ibu rumah tangga di rumah yang ingin mencari uang dengan menekuni usaha minuman modal 1 juta, maka silahkan melihat video pembuatan sari kedelai di atas.